Gempa 4.5 Magnitudo Guncang Kotim, Masyarakat Diimbau Tenang

98c793c4 5b27 4334 998e 430bc58c0fc7

, Bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4,5 terjadi di wilayah , Kabupaten (Kotim), Kalimantan Tengah, Senin (30/10/2023) sekitar pukul 01.22 dini hari.

Kejadian tersebut sontak membuat masyarakat Kotim panik. Diketahui Gempa tersebut dirasakan warga hingga wilayah Mentawa Baru Ketapang.

“Hasil analisis menunjukkan ini memiliki parameter dengan magnitudo M 4.5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.31 LS; 113.02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km Timur Laut Sampit, pada kedalaman 13 km,” terang Kepala Stasiun Geofisika Sleman, Setyoajie Prayoedhie di dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

Setyoajie Prayoedhie membeberkan, gempa bumi yang terjadi di Sampit tersebut merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake, yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan.

“Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Baamang dan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” jelasnya.

Setyoajie Prayoedhie menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 02.00 WIB tadi malam, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah warga Kotawaringin Timur mengaku merasakan getaran gempa tersebut. Goncangan terjadi hanya sekitar 2-3 detik saja.

“Gempanya terasa banar,” ucap salah seorang warga Baamang, Muhammad Iqbal ketika dikonfirmasi.

Warga lainnya mengatakan, gempa tersebut terasa seperti truk lewat.

“Di Baamang terasa gempa x, kukira ada truk lewat kok rumah begetar cuma waktu x cepat. Langsung kebangun keluar buka horden kalo ay ada truk lewat sekali x krd paan. Sekitar jam 1 an gitu,” ungkap Sri Fatmawati melalui media instagram. (asp)