Masyarakat Diminta Lapor Jika Ada Kecurangan Pengisian BBM di SPBU

, PURUK CAHU – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya praktik kecurangan pada saat melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (), Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor () Kabupaten Murung Raya (Mura) kembali menggelar patroli sambang.

Seperti yang dilakukan oleh Satreskrim secara rutin melakukan pengecekan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang beralamat Jl. Jendral Sudirman Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () hari ini, Jum'at (5/4/2024) dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Kapolres Mura Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irwansah, S.I.K., M.M. melalui Kasatreskrim Polres Mura AKP Akhmad Saiful Rizal, S.T.K., S.I.K. menuturkan melalui Polres Mura, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan dari praktik curang sekaligus melakukan peninjauan langsung ke lapangan terkait dengan pengisian BBM.

“Kami cek kelapangan guna memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik. Selain itu, kami juga memberikan imbauan kepada pemilik dan karyawan SPBU agar tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat hingga dapat berdampak pada stabilitas Kamtibmas,” ujarnya.

Lebih lanjut, AKP Rizal mengungkapkan bahwa ketiga SPBU yang disambangi pihaknya setiap tahunnya rutin dilakukan pengecekan Tera (pengujian ukuran, takaran dan timbangan bahan bakar minyak) dari Dinas atau Instansi terkait di Mura.

Pada saat pengecekan tidak ditemukan adanya pelanggaran atau praktik kecurangan terhadap mutu maupun kadar BBM yang ada dispenser SPBU. Petugas juga melakukan pengecekan mutu kadar air pada tangki pendam bersama petugas pengawas SPBU sebelum BBM tersebut disalurkan kepada konsumen secara manual menggunakan stik dan Pasta Air maupun Pasta Minyak.

AKP Rizal mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Murung Raya apabila melihat, mengetahui atau mengalami adanya praktik kecurangan di SPBU agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib guna ditindak lanjut. (Sam)