Kabupaten Murung Raya Juara 1 Lomba Tari Pedalaman di Festival Budaya Isen Mulang 2024

, – Suara sorakan gemuruh dan tepuk tangan dari ribuan penonton terdengar dan terlihat untuk memberikan semangat kepada tim kebanggaannya.

Persembahan semua penampilan dari peserta Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah (), yang pada akhirnya dewan juri memutuskan peserta dari Kabupaten Murung Raya (Mura) yang berhasil keluar sebagai Juara 1 (satu) dalam Lomba Tari Pedalaman.

Disusul Kabupaten Barito Utara (Barut) yang meraih Juara 2 (dua) dan Kota Palangka Raya sebagai Juara 3 (tiga).

Tarian Daerah Pedalaman Kabupaten Murung Raya (Mura) yang ditampilkan peserta sangat memukau ribuan penonton yang hadir melihat langsung serta berhasil meraih Juara 1 (satu) Lomba Tari Pedalaman pada () Tahun 2024.

Lomba Tari Pedalaman memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat yang menyaksikan lomba yang pesertanya diikuti dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ribuan penonton terlihat memadati Halaman GOR Serbaguna, Kota Palangka Raya pada, Rabu (22/5/2024) malam.

Suara gemuruh sorakan dan tepuk tangan ribuan penonton terdengar untuk memberikan semangat kepada Kontingen Daerah kebanggaannya. Dari penampilan-penampilan peserta asal Kabupaten dan Kota se-Kalteng tersebut, akhirnya Dewan Juri memutuskan peserta dari Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) yang berhasil sebagai keluar menjadi Juara 1 (satu) dalam perlombaan itu dan dari Daerah Kabupaten Barito Utara (Barut) Juara 2 (dua) menyusul Juara 3 (tiga) dari Daerah Kota Palangka Raya.

Eddy Purwanto, selaku Koordinator Tim Lomba Tari Pedalaman mengucapkan terima kasih yang pertama ditujukan kepada Bapak Pj. Bupati Kab. Mura, Dr. Hermon karena atas dukungannya terhadap tim tari, Perangkat Daerah pendamping yaitu Dinas dan (Disdikbud) dan BKPSDM Kab. Mura yang telah mendukung dengan maksimal.

“Atas pencapaian ini kami mengucapkan banyak terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Murung Raya (Mura) kepada Tim Tari Pedalaman Kabupaten Murung Raya (Mura),” kata Eddy.

Sementara itu, Pj. Bupati Kab. Mura, Dr. Hermon yang hadir secara langsung menyaksikan penampilan tim tari pedalaman berharap kedepan, pihaknya kembali ambil bagian pada festival ini dengan membawa keunikan dan kekhasan budaya dan bisa meraih prestasi lebih lagi serta memajukan daerah dan Kalteng pada umumnya.

“Tari pedalaman itu adalah sebagai salah satu wujud dari kebudayaan daerah dan juga sebagai salah satu dari nilai budaya yang wajib kita lestarikan bersama,” ungkapnya. (Sam)