Dinkes Mura Targetkan Ribuan Orang Divaksin

Kadinkes Mura, dr. Suria Siri

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura melalui Dinas (Dinkes) setempat menargetkan untuk 7.000 orang sampai akhir tahun 2021 mendatang. Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan sebanyak dua tahap kepada setiap orang.

Karena itu pula, sebanyak 3.600 guru dan tenaga pengajar yang ada di Kabupaten Murung Raya (Mura) akan mengikuti vaksinasi Covid-19 Tahap I.

Kadinkes Mura, dr. Suria Siri saat diwawancarai wartawan mengatakan, bahwa sampai saat ini progres vaksinasi yang telah berjalan sejak awal tahun 2021. Saat ini program vaksinasi tersebut telah mencapai 50 persen.

“Sekitar 3.500 orang telah divaksin lengkap dari kelompok , TNI dan lansia,” jelasnya, Rabu (19/5/2021).

Disebutkannya, bahwa vaksinasi selanjutnya ialah untuk tenaga pengajar dan guru yang jumlahnya sekitar 3.600 orang.

Suria membeberkan, beberapa kendala yang ditemui pihaknya dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat, yang paling sering ditemui adalah penolakan dengan alasan takut. Hal itu setelah mendapat informasi ataupun hasutan yang berasal dari media yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Pengaruh medsos sangat dominan di masyarakat, kami berharap seluruh pemangku kebijakan baik ketua RT, RW, kepala desa atau lurah bersama perangkatnya dapat membantu kami dalam mensukseskan proses vaksinasi ini,” harapnya.

Selain itu lanjutnya, faktor lain adalah kondisi teknis ataupun kesehatan dari penerima itu sendiri yang belum memungkinkan mendapatkan vaksinasi Covid-19. (wan)