Wakil Ketua II DPRD Kalteng Kunker ke Dispursip DKI Jakarta

WhatsApp Image 2023 06 24 at 12.02.25 PM
Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Faridawaty Darland Atjeh melaksanakan kunjungan kerja ke Dispusip DKI Jakarta

, PALANGKA RAYA – Wakil Ketua III Provinsi Kalimantan Tengah (), melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) baru-baru ini.

Faridawaty menjelaskan, kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperoleh informasi terkait pengelolaan arsip daerah.

WhatsApp Image 2023 06 22 at 2.03.33 PM

“Dari paparan yang disampaikan oleh Dispusip DKI diketahui bahwa ada utama dalam mendukung pembinaan kearsipan yaitu: tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, dan sistem klasifikasi keamanan akses arsip,” ucap Faridawaty, Sabtu (24/6/2023).

Dalam rangka perwujudan Sistem Berbasis Elektronik (SPBE), Dispusip DKI, ungkapnya, telah melakukan digitalisasi salah satunya dengan penggunaan e-office yang terhubung ke semua OPD di wilayah DKI sehingga memudahkan dalam pengarsipan naskah dinas.

Selain itu, Dispusip DKI juga memberikan perhatian lebih kepada perawatan arsip-arsip daerah yang ada melalui upaya preservasi dan perbaikan naskah. Dalam mendukung hal tersebut tahun ini sudah mulai dibangun laboratorium khusus untuk perbaikan arsip yang rusak.

“Praktik terbaik tata kelola kearsipan di Dispusip DKI Jakarta semestinya dapat ditiru juga oleh instansi pengelola arsip di Pemprov Kalteng. DPRD Kalteng siap mendukung segala upaya positif dan ide-ide terkait pengelolaan arsip daerah di Kalimantan Tengah,” pungkasnya. (asp)