Legislator Dukung Pemprov Tindaklanjuti Wacana Pembangunan JKA

11af998d cc58 46c9 a678 b12e0ec4439b
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalteng, H. Purman Jaya

BALANGANEWS, – Anggota Komisi IV Provinsi Kalimantan Tengah () membidangi Pembangunan dan , H. menyambut baik langkah dari Kalteng untuk kembali membahas wacana pembangunan Jalur Kereta Api (JKA) di Kalimantan Tengah.

Ia menuturkan, wacana pembangunan JKA dari sejak lama, tapi sampai sekarang ini masih belum juga terealisasi. Padahal keberadaan JKA tersebut memiliki banyak manfaat penting, terutama mengangkut hasil Sumber Daya Alam (SDA) dari kawasan produksi menuju ke pelabuhan.

“Pembangunan JKA di Kalimantan Tengah ini juga dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan jalan umum oleh angkutan bermuatan besar sehingga dapat meminimalisir risiko kerusakan jalan umum karena dilalui oleh angkutan bermuatan besar yang kadang bisa melebihi kapasitas tonase,” katanya, Senin (7/8/2023).

Lanjut Politisi dari Fraksi Partai ini berharap, wacana pembangunan jalur kereta api yang hampir terlupakan itu bisa kembali dibahas dan direalisasikan oleh pemerintah bersama stakeholder terkait.

Menurutnya pembangunan tersebut memang membutuhkan berbagai pertimbangan mendalam, diantaranya terkait upaya pelepasan atau ganti untung lahan masyarakat yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan jalur kereta api nanti.

“Terkait persoalan ganti untung lahan masyarakat, itu sebenarnya tidak lah menjadi kendala asalkan itu disertai dengan sosialisasi, komunikasi dan kompensasi yang dinilai memadai sehingga masyarakat pun dapat menerima serta mendukung maksud baik dari pemerintah tersebut,” tegasnya.

Ia berharap kepada pemerintah, supaya wacana pembangunan jalur kereta api tersebut dapat sesegeranya ditindaklanjuti.

“Semakin cepat semakin baik, maka dari itu wacana ini hendaknya dapat ditindaklanjuti secara serius,” tegasnya. (asp)