63 Peserta Catur Putra dari Kalimantan dan Bali Rebutkan Tiket PON

WhatsApp Image 2023 09 01 at 10.26.14 AM
Eksibisi pertandingan Catur Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo dengan salah satu pecatur muda Kalteng pada pembukaan Pra PON Kalimantan dan Bali di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng

, – Event Pra Pekan Olahraga (PON) Catur Putra Zona Kalimantan plus Bali Tahun 2023, yang diselenggarakan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dari 31 Agustus-5 September 2023 secara resmi dimulai.

Event tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Wakil Gubernur (Wagub), H. di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (31/8/2023) malam.

Di dalam sambutannya, Wagub Kalteng menyampaikan rasa bangganya karena Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Pra PON Catur Putra tersebut.

“Menjadi kebanggaan sekaligus kehormatan bagi kami, Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event Pra PON ini, di mana telah berkumpul atlet-atlet catur putra terbaik dari berbagai Provinsi di wilayah Kalimantan dan Bali,” ucapnya.

Edy Pratowo menuturkan, Pra PON ini merupakan ajang yang bergengsi, karena akan menjadi jalan bagi para atlet untuk mendapatkan tiket berlaga di Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI (ke-21) Tahun 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

Sambungnya, selain meloloskan atlet catur putra ke PON Tahun 2024, event Pra PON ini nantinya akan melahirkan atlet-atlet catur berbakat yang mampu mengharumkan nama daerah lewat prestasi gemilang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Momentum kejuaraan Pra PON ini hendaknya dapat menjadi penyemangat untuk bersama-sama membangkitkan prestasi olahraga, terutama catur. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi kuat seluruh stakeholders keolahragaan, dengan mengedepankan pembinaan sejak dini dan berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu, Wagub mengharapkan, event Pra PON Catur Putra Zona Kalimantan dan Bali ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, seperti kecil dan UKM, serta mempromosikan tempat dan khas Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Palangka Raya.

“Kepada seluruh atlet catur, saya ucapkan Selamat Bertanding. Selalu fokus dan keluarkan segala kemampuan untuk meraih prestasi terbaik. Kemudian juga, selamat bertugas kepada para panitia, wasit, dan ofisial pertandingan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pra PON Catur Putra Agustan Saining menyebutkan, ada 63 peserta yang akan bertanding pada Pra PON Zona Kalimantan plus Bali, dan diikuti oleh 6 Provinsi, yaitu Bali, , Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah.

“Jadikan event ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, namun juga wadah silaturahmi dan solidaritas dengan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air dari wilayah Kalimantan dan Bali,” ungkap Agustan.

Adapun rincian pemain masing-masing kontingen sebagai berikut, Provinsi Bali 8 orang, Kalimantan Selatan 19 orang, Kalimantan Timur 12 orang, Kalimantan Utara 8 orang, Kalimantan Barat 8 orang, dan Kalimantan Tengah 8 orang. (asp)