Gubernur Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi di Istana Negara

WhatsApp Image 2023 09 01 at 10.26.14 AM (1)
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran berbincang dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Foto: MMC Kalteng)

, Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran hadiri secara langsung Rapat Koordinasi (Rakornas) Pengendalian di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Rakornas pengendalian inflasi ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, dan mengusung tema Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengatakan, inflasi di Indonesia relatif terkendali di mana level inflasi lebih rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia, termasuk Argentina.

“Kita tahu, inflasi sangat terkendali di angka 3,08 persen di Juli 2023. Ini sebuah angka yang sangat baik sekali. Kita bisa mengendalikan harga barang dan jasa,” ungkap .

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menekankan, capaian tersebut merupakan hasil dari sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Nasional yang dilaksanakan sepanjang tahun di berbagai daerah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala Daerah di Tanah Air dan semua pihak terkait yang telah mengerahkan upaya untuk pengendalian inflasi, sehingga inflasi saat ini masuk dalam rentang target APBN, yakni 3 persen plus minus 1 persen. Adapun secara spasial, realisasi 19 daerah berada di bawah nasional dan 15 daerah berada di atas nasional,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Kota selama ini fokus terhadap penanganan inflasi berkelanjutan.

“Beberapa waktu yang lalu saya sudah instruksikan kepada Bupati dan Wali Kota untuk menyediakan yang cukup untuk penanganan inflasi tahun 2024 melalui program ketahanan pangan. Pengalaman kita cukup dalam menangani dampak inflasi, hendaknya itu menjadi cerminan untuk masa datang, sehingga kita memiliki ketahanan dalam menghadapi inflasi,” tegasnya. (asp)