Disdik Kalteng Laksanakan Bimtek Kurikulum Holistik Integratif

WhatsApp Image 2023 09 07 at 3.57.20 PM

BALANGANEWS, Kalteng melalui Dinas (Disdik) Kalteng melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Holistik Integratif tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Eka Aprilianty melalui Kepala UPT Balai Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) , Hana Pertiwi, di Ballroom Hotel Aurila Palangka Raya, Rabu (6/9/2023) malam.

Hana Pertiwi menjelaskan, Kurikulum Holistik Integratif merupakan program dari Pemerintah dalam Pendidikan supaya kurikulum tersebut bisa terlaksana, bagaimana pendidikan anak diperhatikan sejak dini tiga komponen utama, yaitu terkait dengan pendidikan, dan gizi dan perlindungannya.

“Kegiatan ini dihadiri Kepala Sekolah SLB Provinsi Kalimantan Tengah dan juga beberapa perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, , Sekolah Inklusi dan Waka Kurikulum,” sebutnya.

Ia menuturkan, Kurikulum Holistik Integratif ini terintegrasi dengan berbagai aktivitas untuk anak-anak usia dini sampai usia anak didik, yang perlu diperhatikan.

“Sekarang ini masa-masa transisi di Kalimantan Tengah karena kurikulum ini (kurikulum holistik integratif) baru. Dan program pemerintah, sekarang ini penerapannya bagaimana pengaplikasian di mata pelajaran. Artinya mata pelajaran apa saja bisa diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain. Jadi seluruh mapel itu memperhatikan tiga pokok masalah, yaitu pendidikan, kesehatan dan gizi dan perlindungannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Disdik Provinsi Kalteng, Roslita menambahkan, bahwa saat ini untuk tenaga pendidik sekolah luar biasa di Kalimantan Tengah masih adanya kekurangan.

“Untuk tenaga pendidik SLB memang saat ini mengalami kekurangan. Dan kemungkinan akan terus mengalami kekurangan, tetapi kami sudah menyurati untuk segera membuka prodi PLB, namun saat ini belum direalisasikan,” pungkasnya. (asp)