Pemko Palangka Raya Diminta Tingkatkan PAD

WhatsApp Image 2023 09 12 at 8.39.18 PM
Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Tantawi Jauhari

, – Anggota Komisi A Kota Palangka Raya, Tantawi Jauhari, mendorong Pemerintah Kota (Pemko) setempat, agar dapat terus menggali potensi Pendapatan Asli Daerah () dengan optimal.

Pasalnya dirinya menilai, PAD selama ini merupakan salah satu sumber pendanaan agar bisa bergerak menjalankan program-program kerja selama setahun penuh, termasuk program pelayanan masyarakat.

“Karena itu, agar Kota Palangka Raya lebih maju, maka Pemko melalui instansi teknisnya dapat membuat kajian-kajian dan menelusuri potensi-potensi PAD yang potensial dan bisa dimanfaatkan peluangnya,” katanya, Rabu (23/8/2023).

Dijelaskannya, semakin besar PAD yang bisa dihasilkan oleh Pemko Palangka Raya, maka semakin banyak juga item-item program dan kegiatan yang bisa dijalankan.

Namun demikian, menggali potensi PAD ini harus betul-betul serius dilakukan demi perkembangan Kota Palangka Raya yang diharap terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Saya yakin, masih banyak sumber-sumber PAD potensial yang bisa digali lebih maksimal, dan Pemko Palangka Raya bisa melakukan hal tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Tantawi Jauhari berharap, optimalisasi pengawasan pengumpulan PAD yang dilakukan oleh terkait, dapat mencari celah kemungkinan adanya PAD lain yang belum dipayungi Perda.

Bahkan, jika memungkinkan, pemerintah dapat melakukan cara menaikkan besaran retribusi maupun yang bisa ditarik oleh Pemkot menjadi PAD.

“Berkaca dari kota-kota besar di daerah lain mempunyai PAD besar. Maka itu diharapkan Pemko Palangka Raya bisa menjadi salah satu kota yang memiliki PAD besar untuk dan menjalankan roda pemerintahan,” pungkasnya. (oje)