Achmad Diran Tekankan Pj Bupati dan Walikota Jaga Netralitas

Whatsapp Image 2023 09 25 At 7.44.22 Pm
Tokoh masyarakat dan juga Wakil Gubernur Kalteng 2005-2015, H. Achmad Diran

BALANGANEWS, – Tokoh masyarakat Kalimantan Tengah (), H. tekankan kepada pejabat (pj) yang baru dilantik agar bisa menjaga netralitasnya, terlebih saat ini menghadapi pemilu serentak 2024, dan pada nantinya.

“Berbicara sebagai tokoh juga pernah menjadi Wakil dan Ketua Partai melihat pada hari ini tentunya sangat bagus, selain itu juga yang dilantik tadi semuanya merupakan ASN yang mana dalam waktu dekat akan menghadapi pemilu 2024, maka dituntut untuk bisa bersikap netralitas,” ucapnya usai pelantikan, Senin (25/9/2023).

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur dua periode ini menuturkan, semua pejabat kepada daerah merupakan pegawai negeri sipil. Oleh sebab itu, harus dituntut kenetralitasannya.

“Artinya tidak mendukung, juga tidak mengarah kepada salah satu partai apapun,” ungkap Ketua DPW ini.

Kendati tambah Diran, pejabat bupati dan walikota tersebut mempunyai hal untuk memilih, tetapi tidak diperbolehkan untuk menggerakan atau mendukung ke salah satu partai politik manapun.

“Sebagai pejabat daerah punya hak pribadi untuk memilih, tapi tidak boleh menggerakan ke salah satu partai politik dan tentunya harus melindungi semua partai yang ada,” bebernya.

Diran juga menegaskan, agar pejabat daerah harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan di daerahnya dan tidak berpihak kepada salah satu partai, harus bisa menjaga kenetralitasnya.

“Netralitas aparatur sipil negara (ASN) sangat penting guna menjaga suhu politik di setiap daerah tetap aman, damai dan kondusif menjelang Pemilu 2024,” demikian Achmad Diran. (asp)