Pemprov Kalteng Tingkatkan Kualitas Pelayanan TKSK

Whatsapp Image 2023 10 30 At 4.53.51 Pm

, melalui Dinas Sosial () Provinsi setempat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tahun 2023, Senin (30/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya ini bertujuan untuk memperkuat dan meng-update informasi sesuai dengan tugas dan fungsi TKSK di wilayah kerjanya.

“TKSK memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan monitoring, membimbing, dan pemetaan terhadap kesejahteraan di kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan,” ucap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalteng, Eddy Karusman.

Dalam Bimtek ini tambah Eddy, para TKSK diberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial di Kabupaten/Kota hingga tingkat kecamatan.

“Dengan adanya Bimtek ini, kami berharap para TKSK dapat meng-update informasi terkini dan meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial kepada masyarakat,” ungkapnya.

Eddy membeberkan, kegiatan Bimtek tersebut merupakan salah satu upaya melalui Dinsos Kalteng untuk meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial.

“Kegiatan Bimbingan Teknis TKSK Tahun 2023 ini merupakan salah satu upaya Dinsos Kalteng dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesejahteraan sosial di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. Nuryakin menambahkan, bahwa pihaknya menyambut baik diselenggarakannya Bimtek tersebut.

Ia mengatakan, TKSK merupakan satu sumber daya penyelenggara kesejahteraan sosial dan salah satu potensi strategis yang diharapkan dapat memberikan dukungan, kontribusi, dan partisipasi di dalam menangani dan menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial.

“Keberadaan TKSK ini diharapkan dapat membantu tugas-tugas pembangunan kesejahteraan sosial di daerah,” ujar Sekda.

Ia menambahkan, TKSK di Provinsi Kalimantan Tengah telah berjalan selama 14 tahun. “Saya berharap kegiatan ini mampu memantapkan sikap TKSK yang ikhlas, sukarela, dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat di kecamatan setempat,” harapnya.

menekankan, bahwa pekerjaan TKSK sangat luar biasa karena memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tidak berdaya dan hanya mengharapkan bantuan sekitarnya tapi sekarang bisa mandiri karena pendampingan TKSK.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi jembatan tercapainya tujuan pembangunan kesejahteraan sosial menuju Kalteng makin Berkah yang kita cintai bersama,” pungkasnya. (asp)