Hadiri KPID Awards, Sekda Apresiasi KPID Kalteng

Whatsapp Image 2023 12 14 At 8.11.19 Am (1)
Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. Nuryakin saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Penganugerahan KPID Awards tahun 2023

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA -Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Nuryakin menghadiri kegiatan Anugerah Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Awards, di GPU Tambun Bungai, Palangka Raya, Rabu (13/12/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan apresiasi kepada KPID Kalteng yang telah menggelar malam Anugerah KPID.

“Kegiatan ini sekaligus dapat menunjukkan peran penting KPID Kalteng dalam upaya penyelenggaraan penyiaran yang sehat, yang mampu memberikan informasi yang layak dan benar kepada masyarakat dan mampu mengangkat kearifan lokal,” kata Nuryakin.

Ia berharap, dengan adanya anugerah penyiaran ini lembaga penyiaran televisi dan radio di Kalteng akan semakin terpacu semangatnya untuk melahirkan beraneka ragam inovasi dan kreasi, dalam mewujudkan program-program siaran yang sehat dan berkualitas.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Yang bukan hanya sekadar menghibur, tetapi sekaligus mengedukasi masyarakat luas,” ungkap Nuryakin

Senada dengan itu, Ketua KPI Pusat, Ubaidillah menyebutkan, apresiasi itu diberikan pada hakikatnya ditujukan untuk memotivasi lembaga penyiaran yang memberikan informasi kepada masyarakat dan memberikan hiburan yang sehat.

“Mari bersama sama kita tingkatkan kualitas penyiaran dengan sama-sama terus mengawasi lembaga penyiaran agar berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPID Kalteng, mengatakan, KPID bersama Dewan Dayak () Kalteng memberikan sejumlah penghargaan baik untuk lembaga penyiaran , pemerintah peduli penyiaran, tokoh peduli penyiaran, konten kreator, pegiat seni di daerah Kalteng dan akun media sosial (PD) di Dinas Provinsi Kalteng yang dianggap aktif dan kreatif akan diberikan penghargaan.

“Tentunya ini semua hasil penilaian yang independen yang dilaksanakan oleh dewan juri dan sedikit pun tidak ada intervensi dari berbagai pihak termasuk lembaga komisi penyiaran,” ujarnya.

Adapun pada kesempatan itu, diserahkan Penghargaan kepada Penerima Nominasi Televisi dan Radio Kategori Iklan Layanan Masyarakat, kategori Program Anak, kategori Talk Show, kategori Program Berita, kategori Budaya dan Kebijakan Lokal, kategori Siaran Agama dan Kepercayaan, kategori Acara Terfavorit.

Selain itu juga, Penghargaan Nominasi Televisi kategori Program Fiture, kategori Seni dan Tradisional, kategori Siaran Nasionalisme, kategori Peduli Kebencanaan, kategori Siaran Perempuan dan Anak serta kategori Penyiar Terbaik.

Penghargaan juga diberikan kepada kategori Khusus Kepala Daerah Peduli Penyiaran Kalteng yakni diserahkan kepada Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor.

Selanjutnya, Tokoh Peduli Penyiaran Kalteng diberikan kepada Anggota DPR RI Dapil Kalteng yang juga merupakan Ketua Umum H. Agustiar Sabran, Kota Palangka Raya Kardinal Tarung dan Pendiri Kalteng Pos FM yang juga merupakan Ketua PWNU Kalteng H.M. Wahyudi F. Dirun.

Sementara itu, kategori Tokoh Penyiaran Kalteng diberikan kepada Penyiar dan Reporter sekaligus Pensiunan RRI H. Sabriansyah Saleh, Pemilik RCA dan Duta Suara Karnady Effendy, Penyiar Senior Radio dan TVRI sekaligus Kadis Kominfosantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi, Praktisi Penyiar Radio Bipy Anderson serta Pengelola dan Praktisi Radio Sahbudin Syahdireza.

Terakhir, kategori Kanal Media Perangkat Daerah Provinsi Kalteng diberikan kepada , Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng, Dinas dan Arsip Provinsi Kalteng serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng. (asp)