Pemprov Kalteng-ITB Lakukan Penandatanganan Kerjasama

Whatsapp Image 2024 01 04 At 6.41.40 Pm (1)

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () bersama Institut Teknologi Bandung () melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama, Kamis (4/1/2024).

Kesepakatan Bersama tersebut tentang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas SDM, yang digelar di Ruang Rapim A, Gedung ITB.

Kesepakatan Bersama ini ditandatangani oleh Sekda Provinsi Kalteng H. mewakili Kalteng bersama Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Tujuan kesepakatan bersama ini adalah meningkatkan sinergisitas potensi sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi reklamasi pertambangan, rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan kehutanan, pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan sumber daya dan kelautan serta bidang lainnya yang disepakati oleh para pihak.

Sekda Kalteng, H. Nuryakin menyampaikan, penandatanganan ini merupakan bentuk keseriusan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabadian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas SDM.

Nuryakin menuturkan, bahwa Kalteng merupakan daerah yang sangat dekat dengan IKN sehingga perlu penyiapan SDM, kerjasama serta kajian riset.

Dirinya juga mengungkapkan, dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, memberikan dukungan serta mendorong tindak lanjut kesepakatan bersama ini.

“Dukungan kajian riset merupakan support bagi pemerintah daerah dalam memutuskan kebijakan sehingga kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan serta peningkatan kualitas SDM dengan IT menjadi semacam komunikasi dan langkah strategis kebijakan di daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Institut ITB, Widjaja Martokusumo berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik.

“Kerjasama ini juga untuk mengali apa yang bisa bagikan maupun ajarkan di kampus,” tandasnya.

Turut hadir Sahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Herson B Aden, Kepala Provinsi Kalteng terkait, Komisaris Independen Bank Kalteng Fitriyadi serta Dekan Fakultas dan Jajaran ITB. (MMCKalteng/asp)