Marak Penggunaan Knalpot Brong, Satlantas Tabuh Genderang Perang

Whatsapp Image 2024 01 16 At 6.14.14 Pm
Kasat Lantas Kompol Salahidin ketika melakukan pembinaan terhadap pengguna knalpot brong

, – Maraknya penggunaan di kalangan anak muda Kota Palangka Raya mendapat perhatian serius .

Genderang perang pun ditabuh terhadap penggunaan knalpot brong yang membuat pengguna jalan raya terganggu dan berpotensi menyebabkan .

Kasat Lantas Kompol Salahidin melalui Kanit Penegakan (Gakkum) Iptu Eko Nurhanto, mengatakan penggunaan knalpot brong sangat mengganggu pengguna jalan raya lainnya.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Selain karena kebisingan yang ditimbulkan, penggunaan knalpot brong juga dapat memicu kecelakaan. Ini disebabkan pengguna knalpot brong biasanya memicu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

“Bila menggunakan knalpot brong, pasti akan melaju dengan kecepatan tinggi. Ini berpotensi menjadi ,” katanya, Selasa (16/1/2024).

Ia menyebutkan, upaya-upaya yang dilakukan terhadap pengguna knalpot brong adalah melakukan teguran dan mewajibkan pengguna mengganti knalpotnya menjadi standar.

Pengguna knalpot brong juga akan membuat surat pernyataan untuk tidak menggunakannya lagi.

“Jika pengguna knalpot brong adalah anak di bawah umur, maka kita panggil orangtuanya sebagai bentuk pembinaan,” sebutnya.

Sejauh ini, lanjut Eko, Satlantas telah melakukan penyitaan terhadap ratusan knalpot brong. Knalpot yang disita kemudian diamankan di Pos Polisi Bundaran Besar yang nantinya akan dijadikan monumen edukasi.

“Pengguna knalpot brong didominasi dengan rentang usia 17-25 tahun, biasa dipakai anak sekolah dan anak muda lainnya,” pungkasnya. (yud)