BPBPK Kalteng Catat 6 Kabupaten Terendam Banjir

Whatsapp Image 2024 01 19 At 7.28.12 Pm

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah () mencatat bahwa terdapat 6 Kabupaten yang terendam banjir saat ini.

Berdasarkan data , banjir terjadi di Kabupaten , , , , dan Kota Palangka Raya.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dari 6 Kabupaten tersebut, mengakibatkan sebanyak 14,286 Kepala Keluarga (KK) dan 44,270 jiwa terdampak. Hal tersebut berdasarkan data BPBPK Kalteng per tanggal 18 Januari 2024 .

Kepala BPBPK Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemantauan pemantauan di lapangan berdasarkan tim yang selalu Sigap melakukan pendataan, pelaporan, bahkan membantu mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir.

“Tingkat kewaspadaan sangat penting diperhatikan, pada saat musim banjir saat ini. Apabila debit air naik sudah merendam di sekitar permukiman ataupun rumah segera meminta kepada tim evakuasi,” ucapnya, Jumat (19/1/2024).

Pihaknya juga, sambung Toyib, melakukan berbagai upaya, antisipasi maupun kewaspadaan seperti menyediakan tim evakuasi, tim kesehatan, dan berbagai pihak lainnya, untuk turut serta membantu masyarakat yang terdampak.

Dirinya memaklumi bahwa banjir awal tahun 2024 ini akibat adanya faktor cuaca, yang terus-menerus hujan. Sehingga menyebabkan air menjadi naik dan meluap di sekitar permukiman warga dan terjadi di beberapa Kabupaten. (asp)