Palangka Raya

Masyarakat Berharap Harga Karet dan Rotan Bisa Naik

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Provinsi Kalimantan Tengah, Duwel Rawing meminta pemerintah daerah baik itu tingkat kabupaten/kota, agar menaikkan harga karet dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

“Peningkatan harga ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi para karet dan rotan, serta mendorong peningkatan produksi dan kualitas produk,” ucapnya Rabu (24/1/2024).

Akibat harga karet dan rotan turun, membuat masyarakat memilih mencari mata pencaharian sebagai penambang emas, maka dari itu pemerintah daerah bisa mengatasi, dan segera mencari solusi karet dan rotan, karena ini adalah mata pencaharian turun temurun bahkan masih banyak masyarakat yang menggeluti profesi ini contohnya di dan Kahayan.

“Oleh karena itu masyarakat dalam hal ini mengharapkan agar ada kebijakan dan terobosan dari pemerintah untuk bisa menstabilkan harga kedua komoditi tersebut, karena keluhan harga terhadap kedua komodoti tersebut disampaikan masyarakat dari sejumlah desa di maupun daerah Kahayan,” tambahnya.

Dirinya memperjelas, karena kedua komoditi ini merupakan hasil kebun masyarakat dan harga jualnya masih sangat rendah.

“Dampak dari rendahnya kedua komoditi ini para petani di daerah itu enggan untuk memanen hasil produksi dari kedua komoditi itu dan beralih ke usaha lain. Ini cukup serius karena banyak masyarakat yang beralih untuk berusaha dengan menambang emas secara illegal,” ungkapnya. (udi)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks