Sukses di Getah Nyatu, Rutan Palangka Raya Rambah Sablon Kaos

Karutan Palangka Raya, Bambang Widianto memamerkan hasil sablon kaos WBP.

, – Inovasi dalam bentuk pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus diupayakan jajaran . Sukses dalam mengelola kerajinan getah nyatu, kini Rutan Palangka Raya mulai merambah ke kerajinan sablon kaos.

Menggunakan alat sablon yang telah tersedia, tiga WBP kini telah mahir dalam menyablon kaos sesuai pesanan dari pembeli. Sesuai dengan tagline yang diambil, pesan kaos satuan, desain suka-suka.

Kepala Rutan Palangka Raya, Bambang Widianto mengatakan giat pembinaan sablon kaos dilakukan setelah melihat kondisi minimnya produksi sablon khususnya di kalangan dan Rutan di Kanwil .

“Kita mengambil sesuatu yang kira-kira bisa dilakukan dan mudah. Setelah kita laksanakan akhirnya bisa,” katanya, Selasa (30/1/2024).

Ia mengungkapkan, hasil produksi sablon kaos yang dilakukan oleh WBP bahkan dianggap bisa bersaing dengan produk sablon lainnya yang ada di luar. Materi dan bahan sablon yang bagus membuat hasil produksi mempunyai ketahanan yang mumpuni.

“Untuk pemasaran sementara kita masih di sekitar . Tentunya kita akan perluas lagi nantinya dengan memasarkan secara online,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan, satu kaos sablon hasil produksi dibandrol dengan harga berkisar Rp80.000-Rp100.000 sesuai dengan tingkat kesulitan sablon itu sendiri. Tentunya motif sablon yang dibuat memiliki ciri khas UPT Pemasyarakatan.

“Sudah banyak kaos sablon yang sudah kita produksi, jika ingin melihat dan membeli bisa saja datang dan berkunjung ke Rutan Palangka Raya,” pungkasnya. (yud)