Suriansyah Halim Bercita-cita Menyuarakan Suara Keadilan untuk Rakyat di Tanah kelahiran

Suriansyah Halim

, PALANGKA RAYA – Siapa yang tidak kenal dengan , seorang pria kelahiran , 16 April 1981 yang berprofesi sebagai Advokat/Pengacara, Auditor Hukum, Likuidator, dan Mediator kini kariernya melejit menjabat Ketua Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Kalimantan Tengah () periode tahun 2024-2028.

“Saya ingin memberikan contoh kepada anak-anak muda Kalteng bahwa dengan semangat, berintegritas, dan kerja keras, mereka bisa meraih kesuksesan dari usia muda,” ucapnya, Selasa (20/2/2024).

Mengawal karier di dunia hukum sejak di bangku kuliah tahun 2010, kemudian mendapat gelar Sarjana Hukum dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH).

“Kemudian setelah itu, mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) pada tahun 2015, sebagai Direktur PT. Badan Penanganan Konsumen dan Pelaku Usaha (BPKPU) bidang Jasa Hukum di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah sejak tahun 2015 sampai tahun 2023, Pendidikan Bimbingan Teknik (Bimtek) penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan , Bupati, Walikota secara serentak tahun 2017 dari Mahkamah Konstitusi (MK) RI,” tambahnya.

Pendidikan Auditor Hukum (legal auditor) tahun 2018, Pendidikan Likuidator (liquidator) tahun 2018, Pendidikan Khusus Pengacara Pengadaan (certified procurement lawyer) dan Pendidikan ahli hukum kontrak pengadaan (certified procurement contract legal expert) di Jakarta dan SIAC (Singapore international arbitration centre) di Singapore, kuliah tahun 2018 melalui Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Palangka Raya berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi (S.E).

“Kemudian ia bergabung dengan Perkumpulan Penegak Hukum Rakyat Indonesia (PHRI) Kalimantan Tengah sejak tahun 2018 sampai sekarang, Pendidikan Mediator berakreditasi A dari Mahkamah Agung RI pada tahun 2020, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia ( DPC PPKHI) Palangka Raya sejak tahun 2019 sampai tahun 2024,” lanjutnya.

Meraih Magister Hukum (M.H) dari Universitas Palangka Raya pada 2021, menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (DPD PPKHI) Kalimantan Tengah sejak tahun 2023 sampai tahun 2024, dan sekarang Suriansyah Halim tengah mengejar gelar Doktor (Dr) apabila sesuai harapan, akan diraih di bulan Desember 2024.

Setelah lulus kuliah, Suriansyah Halim banyak bekerja di beberapa lembaga hukum dan pembiayaan untuk mengasah kemampuan dan pengalaman. Namun sejak tahun 2016, Suriansyah Halim memutuskan berpraktik mandiri dengan mendirikan kantor hukum sendiri dengan nama Kantor Hukum SHP (Suriansyah Halim & Partners) di Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dengan wilayah kerja seluruh Indonesia.

Berkat dedikasi dan kerja kerasnya, kini Suriansyah Halim dikenal sebagai advokat handal di Kota Palangka Raya. Ia banyak ditunjuk sebagai kuasa hukum pengusaha dan perusahaan besar di Kalteng.

Selain itu, aktif menangani kasus pro bono dan prodeo guna membantu masyarakat tidak mampu sebagai Ketua Perkumpulan Penegak Hukum Rakyat Indonesia (PHRI) Kalimantan Tengah yang telah bekerja sama dengan Negeri Palangka Raya sejak tahun 2018 sampai sekarang melalui Pos Bantuan Hukum (Posbakum), dan juga telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum dari Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI () Wilayah Kalimantan Tengah sejak tahun 2021 sampai sekarang.

Ke depan, bercita-cita ingin memperbaiki penegakan hukum di tanah kelahirannya. Ia berharap bisa meningkatkan kesadaran Pengacara/Advokat yakni Penegak Hukum yang setara dengan penegak hukum lainnya, yang bebas, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat terkait jasa maupun bantuan hukum melalui berbagai edukasi, sosialisasi, dan pendampingan hukum.

“Saya ingin Pengacara/ Advokat PPKHI Kalteng dapat berkontribusi dalam mewujudkan supremasi hukum dan keadilan di Kalimantan Tengah,” ungkapnya. (udi)