Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Pemko Launching Aplikasi Info Pak Sam

Pj Walikota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat memperlihatkan tampilan aplikasi Informasi Pak Sam usai secara resmi me-launching aplikasi tersebut

, – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Hidup (DLH) secara resmi me-launching “Info Pak Sam”, Jumat (23/2/2024).

Pejabat (Pj) Walikota Palangka Raya, secara resmi me-launching aplikasi tersebut pada peringatan Hari Peduli (HPSN) tahun 2024 di Jalan Ais Nasution, Palangka Raya.

Hera mengatakan, aplikasi Info Pak Sam ini sudah ada tersedia di website resmi Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya. Ia mengapresiasi adanya aplikasi tersebut, karena dapat membantu masyarakat.

Dirinya juga menegaskan, bahwa adanya launching aplikasi tersebut merupakan komitmen pemerintah kota dalam pengelolaan sampah, dan menjaga keberlanjutan lingkungan di Palangka Raya.

“Harapannya ini tidak seremonial dan semakin baik dalam pengelolaan sampah, dan kami berharap masyarakat sadar dalam membuang sampah,” ucapnya.

Kepala DLH Kota Palangkaraya, Achmad menambahkan, DLH saat ini sudah mempunyai dua aplikasi terkait dengan pengelolaan sampah, yakni Aplikasi Bang Apul yang menyediakan informasi jasa operator pengangkutan sampah, dan informasi bank sampah.

Selanjutnya, ada aplikasi pengembangan dari Bang Apul, yaitu aplikasi Informasi Pak Sam, yang berisi tentang pemetaan lokasi, prasarana persampahan seperti tempat pembuatan sampah sementara, tempat pembuangan sampah akhir, dan pusat daur ulang.

“Jadi masyarakat yang ingin membuang sampah itu bisa melihat lokasi-lokasi yang dekat dengan rumahnya dimana, jadi jangan membuang sampah dijalan-jalan tetapi bisa melalui aplikasi ini, dengan membuang sampah sesuai pada tempatnya,” jelasnya.

Zaini menegaskan, ke depan aplikasi ini akan ada di PlayStore. Saat ini masyarakat bisa menggunakan aplikasi Info Pak Sam ini bisa mengunjungi website resmi Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya. (asp)