Pemda Diminta Dukung Penguatan Ketahanan Pangan di Desa

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kuwu Senilawati (ist)

, – Anggota Provinsi Kalimantan Tengah (), Kuwu Senilawati meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik Provinsi mau pun Kabupaten/Kota untuk dapat mendukung penguatan di wilayah desa.

Menurut anggota fraksi Parti Gerinda ini, penguatan ketahanan di wilayah desa sangat penting. Hal itu memastikan pasokan pangan yang mencukupi bagi masyarakat secara luas terkhusus di Kalteng.

“Karena desa merupakan lokasi strategis untuk mengembangkan sektor pangan, dan tidak hanya pangan di desa yang tercukupi tapi juga secara menyuruh di daerah,” ucap Kuwu di Palangka Raya, Jumat (8/3/2024).

Dalam mendukung itu juga, beber Dewan dari dapil Kalteng 1 ini, maka Pemda perlu bekerja sama dengan pihak terkait, seperti Dinas dan Dinas Ketahanan Pangan, untuk mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan produksi pangan di desa-desa.

Kuwu juga menekankan betapa pentingnya pendampingan dan pelatihan kepada di wilayah desa, agar mereka dapat mengoptimalkan potensi lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian.

“Dengan adanya dukungan dari pemda, pastinya kita berharap masyarakat desa dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri, dan ini juga merupakan salah satu di antara yang menjadi aspirasi,” tandasnya. (asp)