Curah Hujan Tinggi di Kalteng Diprediksi Hingga April

Pemukiman penduduk di Kota Palangka Raya terendam banjir akibat peningkatan curah hujan, sehingga meluapnya sungai Kahayan dan Rungan

, – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () memprediksi curah hujan tinggi masih akan terjadi di sejumlah titik kabupaten/kota di hingga April 2024 mendatang.

“Untuk beberapa hari ini sampai satu minggu kedepan, potensi curah hujan tinggi masih berpotensi terjadi merata di seluruh Kalimantan Tengah,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi, Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut, Anton, Rabu (13/3/2024).

Ia menjelaskan, peningkatan curah hujan dalam beberapa hari terakhir ini, menyebabkan kenaikan debit air di sejumlah sungai yang ada di wilayah kabupaten/kota. Hal ini menyebabkan terjadinya di sejumlah wilayah Kalteng.

“Untuk Maret ini memang kita prediksi curah hujannya kembali naik. Ini yang menyebabkan terjadinya kenaikan debit air di sejumlah wilayah,” ungkapnya.

Anton menyebutkan, berdasarkan prediksi BMKG peningkatan curah hujan akan terjadi pada Maret hingga April 2024. Oleh karenanya, pemerintah dan masyarakat diminta waspada terhadap potensi yang terjadi.

“Prediksi kita curah hujan akan berangsur-angsur turun pada Mei. Masyarakat diminta tetap waspada terhadap potensi bencana yang akan terjadi,” demikian Anton. (asp)