Sekda Kalteng Daftar Calon Gubernur dan Bupati Murung Raya ke PAN dan PDIP

Nuryakin yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah ke DPW PAN Kalteng yang diterima oleh Ketua DPW PAN, H. Achmad Diran

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (), melanjutkan pendaftaran sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) pada Pemilihan Kepala Daerah () Kalteng 2024 ke sejumlah partai politik.

Sebelumnya, Nuryakin mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Kalteng ke DPW , dan juga ke DPD Kalteng.

Pada Senin (6/5/2024), Nuryakin kembali mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur ke dua partai, yakni ke DPW Partai Amanat (PAN) Kalteng, dan ke DPD PDI Perjuangan Kalteng.

Selain mendaftarkan sebagai calon gubernur, Nuryakin di Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan () mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Murung Raya.

Nuryakin mengatakan, di setiap partai politik yang didatanginya, ada dua formulir yang dikembalikan, yakni Bakal Calon Gubernur Kalteng dan Bakal Calon Bupati Murung Raya.

“Jadi Gubernur Alhamdulillah, bupati jug oke, Wakil Gubernur gak papa. Ini bukan di saya keputusannya, ini di partai politik,” jelas Nuryakin saat berada di kantor DPD PDIP Kalteng, Palangka Raya.

Nuryakin membeberkan, komunikasi dengan partai politik juga terus pihaknya jalin. Ia menambahkan, saat ini masih belum melihat hasil dari survei.

“Kita jangan menyebut kita ini nomor satu, tetapi surveinya tidak. Kira realistis, berarti kita ini bukan pasang 2. Kita dihadapkan dengan realita politik yang ada,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalteng, H. Achmad Diran merasa mendapat kehormatan karena seorang birokrat mendaftar sebagai calon kepala daerah PAN.

“Saya merasa mendapat kehormatan seorang birokrat karena telah mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah ke PAN,” ucap Diran

Diran yang kini sudah pensiun Aparatur Sipil Negara () menilai, Nuryakin santun dan memiliki hubungan yang harmonis dengan dirinya, bahkan Diran mengakui tidak meragukan sosok Nuryakin.

“Saya gak meragukan, (Nuryakin) jadi Wakil Bupati teruji, Mau Jadi Wakil Gubernur atau mau jadi Gubernur sudah teruji,” pungkasnya. (asp)