Atlet Dayung Kalteng Lakukan TC di Jawa Barat

Foto bersama Ketum KONI Kalteng, Rahmat Hidayat beserta jajaran pengurus KONI Kalteng dengan atlet Dayung yang akan melaksanakan TC di Jawa Barat

, Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan berlaga di Pekan Nasional (PON) XXI/2024 Aceh/Sumatera Utara akan melaksanakan Training Center (TC) atau Pemusatan Latihan Provinsi (Pelatprov) di Jawa Barat.

Sebanyak 45 orang atlet Dayung, pelatih dan official bersama dengan pengurus KONI Kalteng, tersebut dilepas oleh Ketua Umum KONI Kalteng, , Sekretariat KONI Kalteng, Jalan Thamrin, Palangka Raya, Senin (6/5/2024).

Pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Umum KONI Kalteng Ilham Busra, Ketua Satgas Pelatprov KONI Kalteng Agustan Saining, Ketua PODSI Kalteng Edy Karusman, dan sejumlah pengurus KONI Kalteng.

Pada kesempatan tersebut, Rahmat memberikan semangat kepada atlet yang akan mengikuti TC. Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Kalteng Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo sehingga terlaksananya Pelatprov ini.

“Kita berterima kasih kepada Pa Gubernur H. Sugianto Sabran atas dukungan dari Pemprov memberikan yang besar untuk kegiatan kesiapan PON. Semuanya itu untuk kesiapan atlet dalam melaksanakan Pelatprov, hingga keberangkatan dan berjuang pada PON,” ucapnya.

Ditambahkan Rahmat, para atlet yang melaksanakan Pelatprov di luar daerah untuk jangan patah semangat, sehingga kangen kampung halaman dan ada hal yang mengganggu dalam focus melaksanakan TC.

“Kabari , dan minta doanya tentunya untuk kesuksesan semua atlet yang melaksanakan TC. Pengurus Dayung untuk terus berkoordinasi dengan tim Satgas dan KONI Kalteng dalam upaya memberikan semangat dan melayani para atlet. Mari kita bersama sama berjuang untuk nama daerah Kalteng meraih emas di PON Aceh-Sumut,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelatprov KONI Kalteng, Agustan Saining menyampaikan rasa optimisnya pelaksanaan Pelatprov cabor yang sudah mulai dilaksanakan untuk dapat meraih prestasi emas di PON Aceh-Sumut nantinya, sehingga dapat meningkatkan prestasi Kalteng.

“Kami mengapresiasi perjuangan adik adik atlet yang sudah mulai melaksanakan Pelatprov selama empat bulan kedepan. Jaga kekompakkan dan terus koordinasi dengan kami Satgas dalam upaya melayani para atlet selama pelaksanaan Pelatprov ini,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Pengprov PODSI Kalteng, Edy Karusman menegaskan dengan dilaksanakannya Pelatprov selama empat bulan di Jawa Barat tersebut, pihaknya menargetkan 3-4 emas akan dapat diraih dalam PON nantinya.

“Kami berangkat Pelatprov sebanyak 45 orang, dengan dilaksanakannya TC selama empat bulan di Jawa Barat, tentu menjadi penyemangat atlet sehingga kami menargetkan bisa meraih 3-4 medali emas,” katanya.

Diketahui, Atlet Dayung akan berangkat pada Selasa (7/5/2024), menuju Jawa Barat selama empat bulan, dimana diketahui pada nomor Canoing/TBR sebanyak 32 orang, 14 putra dan 14 putri, dan pelatih empat orang.

Sedangkan pada nomor Rowing sebanyak 8 orang atlet putra putri, dengan dua pelatih, serta official cabor Dayung sebanyak tiga orang dengan total 45 orang.

Sekretaris Umum KONI Kalteng, Ilham Busra, menyebutkan kegiatan Pelatprov yang sudah berjalan pelaksanaannya diantaranya Dayung, Panahan dan Catur, serta cabor lainya sudah melaksanakan kesiapan dan juga pelaksanaan secara bertahap.

“Gubernur Sugianto Sabran optimis Kalteng meraih hasil yang positif dalam PON Aceh-Sumut nantinya, hal tersebut ditandai dengan diberikanya anggaran sebesar Rp50 Miliar untuk cabor, dimana KONI Kalteng melakukan inventarisir dan penyalurannya kepada atlet 21 cabor yang mengikuti PON,” tandasnya. (asp)