Jelang Idul Adha, Sejumlah Komoditas di Palangka Raya Alami Kenaikan

, – Berdasarkan pantauan yang dilakukan , , UKM, dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, sejumlah (bapok) di wilayah setempat mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Iduladha 1445 H.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Perdagangan, Fajar Bhakti mengatakan, bahwa meskipun ada kenaikan harga, secara umum harga bahan pokok di sejumlah pasar masih terpantau aman menjelang Hari Raya Iduladha.

“Untuk saat ini, harga bapok di sejumlah pasar menjelang Hari Raya Iduladha masih aman,” kata Fajar, Kamis (6/6/2024) kemarin.

Terpantau harga ras naik dari Rp38.000 menjadi Rp39.000 per kilogram. Sementara harga kentang melonjak dari Rp25.000 menjadi Rp30.000 per kilogram.

Fajar menjelaskan, bahwa fluktuasi harga biasanya terjadi H-7 menjelang hari raya, tetapi pihaknya terus melakukan pemantauan ketat terhadap harga dan biasanya sebelum hari raya akan dilaksanakan inspeksi mendadak atau sidak ke pasar dan distributor barang.

“Langkah ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan cukup hingga Idul Adha,” ujarnya.

Selain itu sambung Fajar, operasi dan pasar penyeimbang akan digelar untuk menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat apabila terjadi kenaikan harga di pasar menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Ini merupakan upaya pemerintah kota untuk menekan laju jelang hari besar keagamaan,” pungkasnya. (asp)