Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penggunaan Dana BOS

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Neni Trianawati

, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III Provinsi Kalimantan Tengah (), Sri Neni Trianawati berharap, agar penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) benar-benar tepat sasaran.

“Tentu dengan adanya ini sangat penting sekali bagi khususnya di bidang pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA,” ucapnya, Sabtu(22/6/2024).

Hingga saat ini, adanya dana BOS berperan penting dalam mengcover kebutuhan para peserta didik atau siswa. Tentunya selama ini para stakeholder juga menyalurkan dana BOS, sesuai dengan aturan yang ada.

“Karena seyogyanya untuk penggunaan dana BOS memang mempunyai aturan atau pengunjuk teknisnya. Selain itu setiap penggunaan dana BOS juga selalu ada pertanggungjawabannya,” tambahnya.

Terkait dengan isu yang beredar, dia sendiri mengatakan bahwa hal tersebut benar atau salah. Hanya saja selama ini dia menilai bahwa, Pemerintah sudah mengalokasikan dana bos sesuai dengan jumlah dan ketentuan yang berlaku.

“Terkait dengan sistem pelaporan dana bos, saya rasa masing-masing sekolah SDM seperti operatornya itu kan tidak sama, jadi kita akui itu yang jadi tantangan,” lanjut Neni yang merupakan anggota DPRD Provinsi Kalteng dari Dapil IV (Barito Selatan, , Barito Utara, Murung Raya) tersebut.

Selain itu berharap agar Pemerintah Daerah bersama dengan stakeholder terkait lainnya, dapat lebih memperhatikan pembangunan bidang pendidikan di wilayah masing-masing.

“Kita harapkan jangan sampai ada lagi anak yang putus sekolah di Provinsi Kalteng, mengingat pendidikan itu sangat penting untuk membangun SDM yang berkualitas, serta yang paling penting menurutnya, Pemerintah Daerah harus bisa memastikan akses pendidikan dapat merata ke semua wilayah. Sehingga semua anak mendapatkan pendidikan yang layak, serta dapat membuat program -beasiswa untuk menunjang pendidikan. (udi)