MAN Barut Raih Juara Lomba Sekolah PJAS Aman Tingkat Nasional Regional Tengah

, () meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan peringkat III dalam Lomba Sekolah dengan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman tingkat untuk Regional Tengah.

Penghargaan ini diserahkan pada acara Pertemuan Teknis Germas SAPA yang diadakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan () pada Jumat (21/6/2024).

Acara tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh BPOM untuk meningkatkan kesadaran tentang keamanan obat dan makanan.

Salah satu program prioritas nasional yang digalakkan BPOM adalah PJAS Aman, yang menargetkan komunitas sekolah agar menerapkan praktik keamanan pangan yang baik.

Dalam acara tersebut, Plt. Kepala BPOM, Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, membuka pertemuan yang turut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai sekolah dan komunitas.

Sementara, penghargaan untuk MAN diserahkan langsung oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Ema Setyawati.

Ema Setyawati dalam sambutannya menegaskan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk menjamin keamanan pangan di Indonesia.

“Keamanan Pangan adalah tanggung jawab kita bersama. Mari saling bahu membahu demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Prestasi MAN Barito Utara ini bukanlah pencapaian yang instan. Sejak tahun 2023, sekolah ini telah mendapatkan intervensi sebagai bagian dari program PJAS Aman yang bertujuan untuk meningkatkan standar keamanan pangan di lingkungan sekolah.

Dengan komitmen yang kuat dari seluruh komunitas sekolah, MAN Barito Utara berhasil menerapkan praktik keamanan pangan yang diakui di tingkat nasional.

Plt. Kepala BPOM, Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, dalam sambutannya juga mengapresiasi dedikasi sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam program PJAS Aman.

Penghargaan yang diterima oleh MAN Barito Utara diharapkan dapat menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kesadaran dan praktik keamanan pangan.

Dengan demikian, tujuan untuk menciptakan generasi emas yang sehat dan kuat dapat tercapai, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Dengan capaian ini, MAN Barito Utara telah membuktikan bahwa sekolah di daerah dapat bersaing dan meraih prestasi di tingkat nasional, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan generasi muda Indonesia. (asp)