Pengelolaan BLUD Puskesmas Kalteng Diharapkan Maju dan Optimal

Foto bersama Sekda Kalteng Nuryakin, Kepala Kanwil DJPb Kalteng Wawan Juswanto dan peserta Bimtek BLUD Puskesmas se-Kalteng di Hotel Luwansa Palangka Raya

, PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (), membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) BLUD Puskesmas se-Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Senin (24/6/2024).

Acara ini diinisiasi oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kalteng dan dihadiri oleh Kepala Kanwil , Wawan Juswanto.

, Nuryakin menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ditjen Perbendaharaan atas inisiatif ini.

“Kegiatan Bimtek ini merupakan forum strategis untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan BLUD Puskesmas, terutama dalam pengelolaan keuangan, kinerja, dan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan profesional,” ujarnya.

Dengan Bimtek ini, Nuryakin berharap pengelolaan BLUD Puskesmas di Kalteng akan semakin maju dan optimal, sehingga mutu layanan masyarakat meningkat.

“Pada akhirnya, ini akan menaikkan tingkat kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Kepala Kanwil DJPb Kalteng, Wawan Juswanto menjelaskan, bahwa BLUD didirikan untuk memberikan layanan umum yang lebih efektif dan efisien.

“Tujuan BLUD adalah memberikan layanan yang efektif, efisien, transparan, dan bertanggung jawab. BLUD membantu mencapai tujuan pemerintah daerah dengan status yang tidak terpisah dari Pemda,” katanya.

Wawan juga menyebutkan, bahwa BLUD diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan kinerja keuangan.

“Dengan fleksibilitas ini, BLUD diharapkan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Di Kalteng, terdapat 117 BLUD yang terdiri dari 96 Puskesmas, 19 Rumah Sakit, Shrimp Estate, dan satu Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung ().

“Sebaran ini menunjukkan komitmen daerah dalam meningkatkan layanan kesehatan melalui pengelolaan BLUD yang fleksibel,” tutup Wawan. (asp)