Wagub Hadiri Rakor Raperda RTRWP Kalteng 2024-2044 di Jakarta

BALANGANEWS, – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, , mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024-2044.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan di Hotel The Westin Jakarta, Senin (24/6/2024), kemarin. Yang turut dihadiri kepala dinas lingkup Provinsi Kalteng terkait, dan juga jajaran anggota Kalteng.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Tata Ruang Kementrian ATR/BPN untuk menindaklanjuti surat Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 052/67/ Tanggal 29 Mei 2024 tentang Permohonan Persetujuan substansi Rancangan Peraturan Daerah RTRW Provinsi Kalteng.

Wagub Edy Pratowo menjelaskan, rapat koordinasi tersebut merupakan hal yang strategis dan bermanfaat untuk mewujudkan keterpaduan , Keserasian Pembangunan dalam wilayah provinsi dan kabupaten/kota dengan wilayah sekitarnya, serta menjamin terwujudnya tata ruang wilayah yang berkualitas untuk Kalimantan Tengah.

“Kemarin kami mengikuti rapat di Kementrian. Tujuan dari Penyusunan RTRW itu untuk mewujudkan ruang wilayah Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan yang didukung oleh pemenuhan dan pelestarian lingkungan secara merata dan terintegrasi, dengan pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan,” ucapnya, Rabu (26/6/2024).

Dikatakan Wagub yang mewakili Gubernur, kebijakan penataan ruang adalah salah satunya untuk peningkatan akses pelayanan perkotaan dan pusat-pusat pertumbuhan wilayah yang terpadu dalam rangka mendukung pengembangan potensi provinsi.

“Kami berharap hal ini dapat terwujud dengan baik untuk Kalimantan Tengah,” jelasnya.

Selain Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, juga hadir Ketua Pansus RTRW Provinsi Kalteng DPRD Freddy Ering, serta Kepala terkait Provinsi Kalteng. (asp)