Legislator Kalteng Minta Pemda Perhatikan Kelayakan Sarpras Kesehatan di Wilayah Pelosok

Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Evi Kahayanti (ist)

, Anggota Komisi III Kalimantan Tengah (), mendesak pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota, melalui dinas terkait untuk lebih memperhatikan kelayakan sarana dan prasarana (sarpras) di wilayah pelosok.

Evi Kahayanti mengungkapkan, bahwa hingga saat ini masih banyak wilayah pelosok atau pedesaan yang belum memiliki sarpras kesehatan yang memadai.

“Contohnya seperti di wilayah Dapil Kalteng I yang meliputi Palangka Raya, , dan . Banyak desa yang sarpras kesehatannya kurang bahkan tidak layak dan perlu untuk diperhatikan atau ditingkatkan,” ucapnya baru-baru ini.

Evi menekankan, bahwa kelayakan sarpras kesehatan sangat penting, terutama di desa-desa yang jauh dari pusat fasilitas kesehatan. Sarpras yang memadai akan mempermudah masyarakat mengakses layanan kesehatan ketika dibutuhkan.

“Mulai dari gedung, peralatan medis, ambulans hingga tenaga kesehatan, semuanya harus mencukupi dan memadai. Begitu juga akses seperti jalan, ini juga penting untuk mendukung sektor kesehatan, misalnya memudahkan untuk merujuk pasien,” jelasnya.

Dia berharap pemerintah dapat serius dan memprioritaskan perhatian terhadap peningkatan sarpras kesehatan di wilayah pelosok.

“Dengan perhatian yang serius, ke depan tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan mengakses layanan kesehatan,” tuturnya.

Evi juga menambahkan bahwa pemerintah harus memastikan bahwa sarpras kesehatan di desa-desa jauh dari pusat kota harus dalam kondisi yang baik dan layak.

“Ini sangat penting agar masyarakat di daerah terpencil tidak tertinggal dalam hal pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Dengan perhatian yang lebih serius dari pemerintah, diharapkan kelayakan sarpras kesehatan di wilayah pelosok dapat ditingkatkan, sehingga masyarakat di daerah tersebut dapat menikmati pelayanan kesehatan yang memadai dan berkualitas. (asp)