Pembangunan Infrastruktur yang Merata Penting Dilakukan

Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Purman Jaya

, PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (), , menekankan pentingnya yang merata sebagai kunci untuk memajukan lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Pembangunan jalan, jembatan, irigasi, listrik, dan fasilitas publik lainnya di daerah terpencil akan membuka peluang baru bagi sektor usaha, koperasi, dan UMKM. Infrastruktur yang memadai mempermudah distribusi barang dan jasa serta mendorong dan pertumbuhan ekonomi lokal,” katanya, Rabu (3/7/2024).

Purman menuturkan, bahwa pembangunan infrastruktur juga menciptakan lapangan kerja baru, memberdayakan ekonomi lokal, dan mengurangi pengangguran.

“Hal ini khususnya berdampak positif bagi daerah-daerah terpencil yang sebelumnya memiliki akses terbatas terhadap lapangan kerja formal. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang merata juga diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kalteng,” ujarnya.

Pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis partisipasi masyarakat, menurut Purman, penting untuk memastikan keberlanjutan dan memperkuat rasa kepemilikan masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

“Dengan demikian, pembangunan infrastruktur tidak hanya tentang membangun fisik, tetapi juga memperkuat kapasitas dan kemandirian masyarakat lokal dalam mengelola sumber daya dan fasilitas yang baru dibangun,” tambahnya.

Purman menekankan, bahwa dengan memperkuat infrastruktur dasar, pemerintah dapat menciptakan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan di seluruh wilayah provinsi. (asp)