Disdik Kalteng Tingkatkan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ( ) melalui Dinas (Disdik) setempat mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di , Palangka Raya, dari tanggal 30 Juni hingga 2 Juli 2024.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan , Juliansyah, dalam laporannya menyatakan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan pendidik dan tenaga kependidikan memiliki kemampuan yang memadai untuk mendukung proses pendidikan yang efektif dan berkualitas.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan akses kepada pendidik terhadap metode pengajaran terbaru dan inovatif, mempersiapkan mereka untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi, serta memberikan pemahaman mendalam tentang kebijakan dan regulasi pendidikan yang berlaku,” ujar Juliansyah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Untuk menghadapi persaingan global yang ketat, diperlukan sumber daya manusia dengan daya saing yang mumpuni. Peran pendidik dan tenaga kependidikan sangat signifikan dalam konteks pengembangan pendidikan,” tegas Reza.

Reza Prabowo juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya evaluasi kinerja lembaga pendidikan, termasuk peninjauan terhadap implementasi kebijakan pendidikan, program , manajemen sekolah, dan berbagai aspek lainnya yang berkaitan dengan mutu pendidikan.

“Pendidikan yang berkualitas merupakan keniscayaan bagi terciptanya anak bangsa yang cerdas dan berkarakter. Kualitas tersebut tidak terlepas dari fungsi dan peran para pendidik serta tenaga kependidikan yang merupakan ujung tombak sektor pendidikan,” ungkapnya.

Ia juga menekankan, bahwa guru harus memiliki empat kompetensi utama: kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi , dan kompetensi kepribadian.

“Selain itu, pengelolaan manajemen keuangan pada satuan pendidikan harus bersifat objektif, komprehensif, adil, demokratis, memiliki integritas, akuntabel, dan transparan,” tambahnya.

Reza juga mengimbau semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan komitmen dalam pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru guna meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Kalteng.

“Ini adalah wujud nyata kita bersama dalam membangun pendidikan yang bermutu menuju Kalimantan Tengah yang Berkah, Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis,” pungkasnya.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari Ketua MKKS dan Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Kalimantan Tengah. (asp)