Lepas Kontingen PON 2024, Gubernur Kalteng Pesan Jaga Nama Baik Daerah

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat menyerahkan uang saku kepada para atlet secara simbolis, didampingi juta Ketua Kontingen Kalteng, Undang Mugopal

, PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (), H. , secara resmi melepas kontingen Kalteng yang berjuang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, Rabu (4/9/2024).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tak terhingga kepada kontingen Kalteng,” ucap Gubernur pada acara pelepasan di Halaman Istana Isen Mulang, Kantor Gubernur Kalteng.

Kalteng mengirimkan 382 orang dalam kontingen tersebut, termasuk 114 atlet terbaik yang berkompetisi di 21 cabang olahraga.

Lebih lanjut, Gubernur Sugianto Sabran juga berpesan agar para atlet dan pelatih menjaga kondisi fisik dan di tengah perubahan .

“Mari jaga kesehatan, jaga fisik karena adanya perubahan . Jadi jaga betul kesehatan, banyak-banyak istirahat, banyak-banyak vitamin,” imbaunya.

Gubernur Kalteng dua periode tersebut juga menekankan pentingnya menjaga nama baik Provinsi Kalimantan Tengah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai lokal.

“Jaga nama baik Provinsi Kalimantan Tengah, seperti yang kita katakan, di Mana Bumi Dipijak di situ Langit Dijunjung. Bawalah Falsafah Huma Betang,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan janji penghargaan bagi para atlet yang meraih prestasi.

“Emas nanti hadiah rumah. Kemudian perak dan perunggu nanti kami sampaikan, karena perlu bermusyawarah dengan Forkopimda,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kontingen sekaligus Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Undang Mugopal, turut memberikan pesan penting kepada para atlet.

“Saya ingin Kalteng sukses prestasi, dan pelaksanaan perhelatan ini juga sukses tanpa bermasalah. Juga harus pertanggungjawaban keuangan dengan tepat guna, jangan sampai ada temuan, ada yang fiktif, ini juga termasuk bagian dari sportivitas,” tegasnya.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, para atlet diharapkan dapat membawa pulang prestasi terbaik dan mengharumkan nama Kalimantan Tengah di kancah nasional. (asp)