Polda Kalteng Lakukan Patroli Siber Antisipasi Kerawanan Pilkada

Kabid Humas Kombes Pol Erlan Munaji

, – Patroli siber digelar Polda Kalimantan Tengah guna menunjang proses pengamanan dalam serentak 2024.

Patroli yang dilakukan khusus Subdit Siber Ditreskrimsus tersebut meliputi , SARA, berita bohong, hingga post truth yang mungkin terjadi dalam pilkada kali ini.

Irjen Pol Djoko Poerwanto melalui Kabid Humas Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan patroli siber dilakukan semenjak pelaksanaan tahapan pilkada berlangsung.

“Patroli siber ini merupakan perintah langsung dari Kalteng untuk melakukan pemantauan pada . Mencegah terjadinya ujaran kebencian, SARA, hoax dan post truth,” katanya, Selasa (24/9/2024).

Ia menerangkan jika ditemukan adanya indikasi tersebut, maka penyidik akan melakukan upaya penindakan secara tegas sehingga situasi kondisi yang aman, nyaman dan damai dapat tercipta.

Selain patroli siber, Kapolda Kalteng juga terus mengupayakan situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan pilkada berlangsung.

Polres jajaran dalam pilkada serentak akan dibantu dan diawasi oleh masing-masing pejabat utama dalam empat koordinator wilayah (Korwil) dan pamatwil yang dibentuk Kapolda Kalteng.

“Koordinator daerah dipimpin langsung Wakapolda. Kemudian Irwasda, Karo dan sejumlah direktur bertugas mengawasi dan membantu pelaksanaan pengamanan di 14 kabupaten/ kota,” tutupnya. (yud)