Gubernur Kalteng Dialog dengan Komunitas, Seniman, dan Duta Provinsi

BALANGANEWS, Kalimantan Tengah (), H. Sugianto Sabran, mengadakan pertemuan dengan para penggiat komunitas, seniman, dan duta-duta Kalimantan Tengah di Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Minggu (29/9/2024) siang.

Dalam pertemuan ini, Gubernur Sugianto berbagi informasi tentang program yang telah dijalankan, terutama di bidang pendidikan, , dan .

“Pembangunan Kalimantan Tengah mencakup semua bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, hingga infrastruktur. Jika pembangunan berjalan baik, kebahagiaan masyarakat, terutama di Palangka Raya, akan meningkat,” kata Gubernur Sugianto.

Ia juga menyampaikan bahwa angka harapan hidup di Kalimantan Tengah meningkat dari 69,57 tahun pada 2016 menjadi 73,54 tahun pada 2023.

Gubernur berharap angka ini terus naik hingga 80 tahun. Menurutnya, peningkatan ini disebabkan oleh pola hidup sehat, pelayanan kesehatan yang baik, serta fasilitas olahraga yang memadai.

Gubernur juga mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah () di Kalimantan Tengah, yang saat ini berjumlah 164 ribu.

Kalteng memberikan bantuan sebesar 2,5 juta rupiah per UMKM, dan sudah ada sekitar 80 ribu UMKM yang menerima bantuan,” ungkapnya.

Gubernur berharap dalam lima tahun ke depan, jumlah UMKM bisa mencapai 300 ribu, sehingga perputaran uang di Kalimantan Tengah dari sektor ini bisa mencapai 50 triliun rupiah.

Selain itu, Gubernur Sugianto mengumumkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan memberikan hibah sebesar 15 juta rupiah kepada setiap sanggar seni dan budaya di Kalimantan Tengah pada tahun 2024.

Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, menyatakan rasa senangnya bisa bertemu dengan komunitas, seniman, dan para duta.

Ivo menekankan pentingnya peran para duta dalam mendukung pembangunan di Kalimantan Tengah, terutama dalam program penurunan angka stunting dan pendewasaan usia perkawinan.

“Adik-adik sebagai Duta Pariwisata, Duta Tambun Bungai, Genre, dan Duta Bahasa diharapkan bisa mendukung program bapak gubernur untuk menurunkan angka stunting dan membantu mempromosikan pendidikan usia perkawinan,” ujar Ivo.

Ia juga mengajak para duta untuk aktif di media sosial, membagikan informasi tentang program pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Ivo berharap Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memaksimalkan peran para duta dalam menyampaikan program pemerintah kepada anak muda dan seniman melalui seni dan budaya. (asp)