BPDAS Barito dan Dinas Kehutanan Kalteng Gelar Rakor Reklamasi dan Rehabilitasi DAS 2024

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Agustan Saining menghadiri kegiatan rapat koordinasi pelaksanaan reklamasi dan rehabilitasi DAS tahun 2024

, – Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Barito bersama Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah mengadakan rapat koordinasi pelaksanaan reklamasi dan rehabilitasi DAS tahun 2024, di Ballroom Hotel Neo, Palangka Raya, Senin (30/9/2024).

Kepala Dinas Kehutanan Agustan Saining menekankan pentingnya koordinasi yang solid antara berbagai instansi, baik pemerintah, perusahaan swasta, maupun masyarakat, dalam mengatasi degradasi lahan serta menjaga kelestarian hutan di wilayah Kalteng.

“Selain itu juga, melalui kegiatan ini, menjadi upaya menjaga kelestarian dan memperkuat pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS),” ucapnya.

Seperti diketahui bahwa reklamasi dan rehabilitasi DAS bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh pihak yang beroperasi di sekitar DAS.

“Reklamasi dan rehabilitasi DAS merupakan langkah strategis untuk memperbaiki ekosistem yang telah mengalami kerusakan, sekaligus mencegah dampak yang lebih luas seperti erosi dan . Oleh karena itu, kolaborasi lintas sektor sangat diperlukan agar program ini bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” tambahnya.

Selain membahas strategi pelaksanaan reklamasi, rapat ini juga menjadi forum untuk menyepakati langkah-langkah kolaboratif antara pemerintah dan sektor swasta dalam rehabilitasi DAS, termasuk komitmen perusahaan-perusahaan dalam mendukung program yang telah dirancang pemerintah daerah.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya alam seperti erosi dan banjir, yang seringkali dipicu oleh degradasi lahan dan kerusakan hutan. Keberhasilan reklamasi dan rehabilitasi DAS ini akan menjadi indikator positif bagi keberlanjutan ekosistem di wilayah Kalimantan Tengah,” ungkapnya. (udi)