Survei Terbaru Poltracking, Agustiar-Edy Unggul di Pilgub Kalteng 2024

BALANGANEWS, – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait Tren Kekuatan Elektoral Kandidat Pemilihan (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2024, Senin (21/10/2024).

Hasil survei menunjukkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Agustiar Sabran-Edy Pratowo, memiliki elektabilitas tertinggi di antara empat pasangan calon lainnya.

Dalam simulasi yang melibatkan empat pasangan calon, Agustiar Sabran-Edy Pratowo memimpin dengan elektabilitas 43,5 persen. Di posisi kedua, Koyem-Supian Hadi memperoleh 25,7 persen, disusul oleh Willy Midel Yoseph-Habib Ismail Yahya dengan 20,4 persen. Pasangan dengan 7,2 persen, sementara 3,2 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, mengatakan, survei ini dilakukan pada 10-16 Oktober 2024 dengan melibatkan 1.000 responden melalui survei tatap muka.

“Kalau dilihat angka ini, jika Pilkadanya kurang dari satu minggu kita konklusif berani memprediksi pemenangnya, tapi mengingat dari mengambil data ini berlangsung 1 bulan lebih sedikit, kemungkinan belum bisa disimpulkan, tetapi survei ini paling tidak membaca kecenderungan siapa diantara 4 paslon ini yang hari cenderung unggul, yaitu paslon nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo,” jelasnya.

Hanta membeberkan, dibandingkan survei sebelumnya, pasangan Willy M. Yoseph-Habib Ismail mengalami tren kenaikan tertinggi, dengan elektabilitas meningkat sebesar 9,0 persen dari bulan September ke Oktober 2024.

Sementara itu, Nadalsyah Koyem-Supian Hadi mengalami penurunan tipis sebesar 0,5 persen. Agustiar Sabran-Edy Pratowo mengalami peningkatan 1,9 persen, dan Abdul Suwanto naik 1,4 persen.

Survei ini memberikan gambaran awal mengenai persaingan antar calon di Pilgub Kalimantan Tengah 2024. (asp)