Car Free Day di Bundaran Besar Akan Dibuka Kembali, Rencananya Besok

12032022022143 1
Rapat Koordinasi yang di Lakukan Pemerintah Provinsi Bersama Dengan Pemkot Palangka Raya

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar rapat koordinasi persiapan dibukanya kembali Car Free Day ( CFD) di area Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu (12/3/2022).

Rencana kembali dibukanya Car Free Day ini akan Hari Minggu 13 Maret 2022, besok.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kalimantan Tengah, Katma F. Dirun bertempat di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Rencana pembukaan kembali Car Free Day ini digagas oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan tujuan menggerakkan kembali perekonomian masyarakat yang selama ini terkendala karena terpaan pandemi Covid 19.

Pembukaan kembali Car Free Day di area Bundaran Besar Palangka Raya ini, berjalan seiring antara penuntasan dan pemulihan

“Tentu akan banyak pihak mengkritisi kebijakan ini, namun mari kita lihat dari sisi yang lebih makro. Dengan dibukanya kembali CFD, maka kita akan memperolah manfaat ganda, satu sisi kita dorong masyarakat yang belum dosis satu ataupun vaksin dosis dua untuk mengikuti vaksin pada gerai-gerai yang sudah kita siapkan, sehingga upaya penuntasan vaksin lebih cepat. Sementara disisi lain perekonomian akan bangkit,” ujar Katma.

Lebih lanjut, Katma menegaskan bahwa bagi dan pengunjung wajib telah mendapat vaksin lengkap dua kali dan bagi yang belum divaksin atau belum lengkap, langsung ditangani petugas kesehatan untuk melakukan vaksin setelah persyaratan medis terpenuhi. Penggunaan Peduli Lindungi harus benar-benar diterapkan.

“Kita siapkan tiga gerai vaksinasi, dan jangan lupa yang bisa menjadi pedagang dan pengunjung disyaratkan vaksin lengkap, yang belum lengkap langsung diarahkan ke gerai, dan setiap gerai disiapkan 500 paket bingkisan minyak goreng, untuk pendaftar 500 orang pertama di setiap gerai,” terangnya.

Kegiatan Car Free Day yang dibuka besok juga disemarkkan dengan live musik dan pertunjukan seni daerah.

“Secara jujur kita sudah gerah dengan keadaan seperti ini, kita jangan terjebak kindisi yang tengah melanda, namun tidak juga tidak abai. Kita harus bangkit, kita harus optimis. Protokol kesehatan tetap dijalankan secara ketat, sehingga apa yang kita harapkan membuahkn hasil yaitu penuntasan vaksinasi, kesehatan pulih dan ekonomi bangkit,” ujar Katma.

Menurut informasi yang diterima Balanga , kurang lebih ada 500 UMKM/pedagang yang akan ambil bagian dalam CFD perdana di tengah Pandemi besok. (asp)