Pengembangan Desa Wisata Sangat Penting Dongkrak Ekonomi

c1 IMG 20220823 083339 182c97d461e 6
Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaemi saat menghadiri pelatihan Pengembangan Potensi Desa Wisata yang digelar oleh Dinas PMD Provinsi Kalteng

, – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaemi mengatakan, pengembangan Desa sangat penting untuk dilakukan karena dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Desa tersebut.

“Pengembangan Desa Wisata sangat penting dilakukan, supaya bisa bersaing dengan wisata-wisata desa lain, yang menampilkan keindahan alam yang indah, mengingat Indonesia termasuk wilayah yang luas dan di setiap daerahnya memiliki pesona tersendiri dalam keindahan,” ucap Suhaemi, Selasa (23/8/2022).

Tuturnya, selain itu, Pengembangan Desa Wisata juga dapat mendongkrak masyarakat dan akses sarana prasarana yang dibutuhkan, sehingga dapat dikatakan pengembangan wisata sebagai salah satu upaya dan strategi untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Pengembangan wisata ini dapat di lihat dari berbagai aspek, baik dari alam budaya ataupun dibuat sedemikian rupa sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi,” ucap Suhaemi.

Selain dari pada itu, tegasnya, dalam membangun desa wisata, hal yang terpenting ialah sebuah komitmen antara Pemerintah serta aparat desa, tokoh masyarakat dan organisasi desa untuk menjadikan desa sebagai desa wisata.

“Karena dengan komitmen bersama Pemerintah Desa dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat,” pungkas Suhaemi. (asp)