Pemprov Kalteng Catat Rekor Muri Tarian Massal Balian Dadas

WhatsApp Image 2023 05 23 at 7.42.28 AM

, – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah () kembali mencatatkan Rekor Muri. Kali ini mencatatkan Rekor Muri Tarian Massal Balian Dadas.

Pencatatan rekor muri ini dilaksanakan pada pembukaan Festival Budaya Isen Mulang () tahun 2023 di Lapangan GOR Indoor Serba Guna, Palangka Raya, Senin (22/5/2023) malam.

Kepala Dinas dan (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari mengatakan, pencatat rekor muri talian Balian Dadas terbanyak tersebut diikuti oleh 500 orang penari.

“Pencatatan rekor muri tarian massal Balian Dadas ini diikuti oleh 500 orang penari dari sanggar dan sekolah-sekolah di Palangka Raya,” ucapnya belum lama ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, H. pada saat pembukaan FBIM menambahkan, rangkaian kegiatan dan atraksi budaya khas Kalimantan Tengah yang ditampilkan yaitu pertunjukan tarian Balian Dadas.

“Rangkaian Kegiatan dan atraksi budaya khas Kalimantan Tengah yang ditampilkan dalam FBIM, antara lain Pertunjukan tari Wadian Dadas/Bawo oleh 500 orang penari, yang akan dicatat sebagai rekor MURI,” kata Sekda.

Diketahui, Tarian Balean Dadas atau Balian Dadas/Bawo merupakan tarian yang dilakukan untuk meminta kesembuhan kepada Ranying Hantala Langit atau Tuhan bagi orang yang sedang mengalami sakit.

Umumnya tarian ini mengikutsertakan dukun perempuan atau dikenal Balean Dadas. Namun tarian ini lebih sering dilakukan pada saat acara penyambutan atau peresmian, sebab di era modern seperti saat ini proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cara yang ilmiah. (asp)