Musim Pancaroba, Kadinkes Pulpis Imbau Warga Jaga Kesehatan

.COM, PULANG PISAU – Kepala Dinas (Kadinkes) Pulang Pisau dr Pande Putu Gina mengimbau kepala seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Imbauan tersebut disampaikannya mengingat saat ini sudah memasuki musim pancaroba.

Dimana, sebut dr Pande, penyakit penyerta di musim pancaroba seperti flu, batuk, , , dan sejumlah penyakit lainnya saat memasuki musim pancaroba.

“Musim pancaroba ini adalah musim peralihan dari kemarau ke hujan dan sebaliknya. Biasanya terjadi di bulan Maret-April dan bulan September- Oktober. Oleh karena itu, kami mengimbau lapisan masyarakat Pulpis untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit tadi,” pintanya berpesan, Kamis (18/4/2024).

Agar kondisi tubuh tetap terjaga saat musim pancaroba seperti ini, dr Pande memberikan sedikitnya memberikan 5 tips yang harus diketahui lapisan masyarakat. Diantara 5 tips tersebut, yakni mengkonsumsi yang cukup, mengkonsumsi dan bergizi seimbang, mencuci tangan menggunakan sabun atau baik sebelum maupun setelah makan, menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi 2 kali sehari serta beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya.

“Jadi, tetap disiplin dalam perilaku dan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin,” pungkasnya. (nor)