Kesusahan Memerankan Orang Susah

TERLAHIR dari berada dan berpengaruh di Medan Sumatera Utara, nyaris membuat aktris cantik Raline Shah tak pernah merasakan hidup kekurangan.

Kondisi itu akhirnya membuat Raline kerap kesusahan ketika melakoni peran yang jauh dari kesehariannya. Seperti ketika menerima peran Tika di film ORANG KAYA BARU, besutan Ody C Harahap.

Di film itu, Raline memerankan Tika, seorang gadis berusia 20-an yang mendadak kaya raya dari sebelumnya sebagai orang tak punya.

“Susah akting jadi orang kurang mampu. Aku awalnya cuma bisa berimajinasi kalau jadi orang susah itu gini kali ya. Tapi ternyata aku salah. Aku dua-tiga minggu proses pendalaman karena ingin bikin karakter ini se-believable mungkin dengan jangka yang pendek itu,” ucapnya seperti dikutip dari kapanlagi.com.

Sehingga untuk mampu melakoni peran tersebut, Raline pun terpaksa harus menjalani berbagai cara mendalami karakter yang diperankannya.

Salah satu yang dilakukan Raline adalah naik angkutan umum. Untuk pendalaman karakter Tika yang hidup serba kekurangan, ia nekat naik bus dan mendapati fakta-fakta yang tak pernah disangka.

“Aku belum pernah naik bus, jadi untuk mendalami karakter, mengetahui body language, aku coba naik bus di terminal Blok M. Melihat kalau orang naik bus itu kadang tasnya ditaruh di depan dada, sambil makan roti,” kata Raline.

Saat menjalani observasi itu, Raline juga mengaku mendapat pengalaman lucu. “Dari observasi itu, aku kira orang kalau di bus kasih senyum selamat pagi, ternyata nggak ada orang yang senyum satu sama lain. Aku juga perhatikan bagaimana orang-orang turun dari bus, berbicara, bagaimana mereka dandan,” urainya. (kapanlagi/bnews)