Memilih Jenis Pakaian Olahraga Terbaik

.com – Mengenakan pakaian yang tepat untuk jenis olahraga tertentu, terkadang sama pentingnya dengan memiliki peralatan olahraga yang tepat. Meskipun tampaknya pakaian tidak membuat perbedaan yang signifikan dalam kegiatan kardio, tapi apa yang kamu kenakan sebenarnya dapat berdampak besar pada stamina dan motivasi.

Setelah berolahraga, kamu akan merasa sangat lelah dan berkeringat. Percaya atau tidak, pakaian olahraga yang kamu kenakan dapat membuat perbedaan dalam perasaan setelah berolahraga. Beberapa faktor dapat mempengaruhi kenyamanan pakaian olahraga, termasuk jenis bahan dan apakah pakaian tersebut cocok untuk jenis olahraga yang akan kamu lakukan.

Lantas, bagaimana cara memilih pakaian olahraga terbaik? Berikut ini tips yang bisa kamu contek:

1. Cek Jenis Bahan Kainnya

Untuk setiap kegiatan yang berbeda, pastinya dibutuhkan pakaian yang berbeda pula. Saat berolahraga, usahakanlah untuk memilih jenis pakaian yang mudah menyerap keringat. Ada banyak jenis pakaian yang dapat kamu pilih, salah satu yang baik untuk aktivitas tinggi adalah kain yang mengandung mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex. Karena kain jenis ini memiliki kemampuan untuk membuat keringat cepat menguap sehingga tubuh tetap sejuk.

Beberapa pakaian olahraga biasanya terbuat dari bahan katun, karena katun memang dapat menyerap keringat dengan baik. Sayangnya, katun tak bisa menguapkan keringat kembali sehingga membuat pakaian terasa berat dan lembab.

Jangan pernah berpikir untuk menggunakan jenis pakaian dengan pori-pori kecil atau bahkan yang tak memiliki pori-pori kain. Seperti pakaian yang terbuat dari bahan karet dan plastik. Pasalnya pakaian dengan bahan ini akan membuat keringat sulit menguap. Alhasil, suhu tubuh mungkin akan cenderung tinggi selama berolahraga.

2. Pastikan Bahan Pakaian Olahraga Ringan

Bahan pakaian yang ringan akan membantu kamu berolahraga dengan optimal. Sama seperti jenis kain, berat kain merupakan faktor penting dalam olahraga, terutama saat melakukan jenis olahraga ketahanan.

3. Ukuran Pakaian Olahraga Harus Pas

Menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh akan sangat mengganggu. Sebaiknya pilihlah pakaian olahraga yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat saat dikenakan.

Namun, untuk langkah yang satu ini, kamu harus menyesuaikan pakaian dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Saat akan bersepeda, hindarilah mengenakan celana yang panjang dan terlalu longgar agar tidak tersangkut pada pedal. Sementara untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan seperti aerobik, pilihlah pakaian dengan ukuran pas agar kamu lebih leluasa.

4. Sesuaikan Pakaian Olahraga dengan Cuaca dan Lokasi

Jika kamu berolahraga di luar ruangan atau musim tertentu, pakaian olahraga yang kamu kenakan mungkin juga harus disesuaikan. Jika berolahraga saat cuaca panas, pastikan untuk memilih kain yang memungkinkan kulit bernapas dan meminimalkan keringat.

Sementara itu saat cuaca sedang dingin, kenakan pakaian olahraga yang lebih hangat. Jika cuaca sedang berangin, kenakan jaket windbreaker khusus untuk olahraga. Ingatlah untuk membuat diri senyaman mungkin dengan pakaian olahraga. Jangan lupa untuk mencoba pakaian olahraga di fitting room sebelum benar-benar membelinya.

5. Bahan Pakaian Olahraga Mudah Dicuci

Pakaian olahraga idealnya harus dapat dicuci dan mudah dibersihkan. Sehingga kotoran, keringat, dan bau tidak sedap dapat dihilangkan dengan cepat dalam sekali pencucian. Selain itu, pakaian olahraga harus memiliki kemampuan untuk menyusut kembali setelah dicuci. Karena tidak semua kain harus dicuci dengan cara yang sama. Kamu sangat disarankan untuk mengetahui informasi tentang bahan pakaian pada informasi produk.

6. Pilih warna

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus terkait pemilihan warna pakaian saat berolahraga. Kendati demikian, faktanya memilih warna yang disukai saat beraktivitas dapat meningkatkan mood dan semangat seseorang. Termasuk saat akan berolahraga. Sehingga, memilih pakaian olahraga dengan warna kesukaan adalah satu hal yang dapat kamu pertimbangkan. Namun, tetap pastikan jenis kain dan ukuran sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan, ya.

7. Jangan Lupa Sepatu yang Nyaman

Selain baju dan celana, sepatu adalah hal yang juga penting saat berolahraga. Pilih jenis sepatu yang sesuai dan tidak mengganggu gerakan tubuh untuk menghindari cedera. Hindari menggunakan sepatu yang memiliki daya redam rendah. Sebab pilihan sepatu tersebut dapat membahayakan kaki dan tulang saat melakukan gerakan. Gunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan.

Nah, itulah cara memilih jenis pakaian olahraga terbaik. Jangan lupa, semangat dan konsistensi olahraga dari dalam diri juga harus sama baiknya dengan pakaian olahraga yang kamu kenakan. (halodoc)