DPRD Minta Pemkab Segera Memasang Lampu Median Jalan

947ac41e 0c36 4c18 920c 92015929771f
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Muhamad Fakhrudin, ST

, – Anggota DPRD , Fakhrudin meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, melalui dinas terkait segera memasang lampu beserta tiangnya di sepanjang median jalan, di KM 4,5 – Kasongan. Permintaannya itu diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin (15/1/2024).

Hal ini menurut Fakhrudin, mengingat adanya beberapa kali pengendara yang menderita (Laka) di sekitar median jalan yang dibangun oleh Pemkab Katingan tersebut. “Dari tiga kali Laka di ujung median jalan tersebut, satu kali korbannya Telah Meninggal Dunia (TMD),” kata legislator yang biasa dipanggil Udin ini.

Selanjutnya, dirinya juga mengakui, meskipun semua pengendara, penyebab Laka kadangkala kelalaian dari pengendara, ada yang kelelahan atau sudah mengantuk tapi tetap melanjutkan perjalanannya. Namun, fakta yang terjadi, menurutnya sudah tiga kali laka terjadi di lokasi tersebut, yakni di ujung median jalan tersebut.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Karena tempat kejadiannya sudah tiga kali di tempat yang sama, sehingga dirinya berharap kepada dinas terkait yang membidangi Penerangan Jalan Umum (PJU) segera memasang lampu penerangan di sepanjang median jalan tersebut. Dengan demikian, para pengendara roda dua, tiga, empat dan pengendara lainnya saat melintas di sepanjang jalan Tjilik Riwut tersebut dapat melihat dengan jelas median jalan yang dibangun dengan menggunakan Pendapatan dan Belanja Daerah () Kabupaten Katingan tersebut.

Sebelumnya menurut Fakhrudin, rencana pendirian dan pemasangan lampu di sepanjang median jalan yang sudah dua tahap dibangun oleh Dinas PUPR (tahun 2022 dan tahun 2023) tersebut sudah pernah dibahas di dalam draf RAPBD tahun anggaran 2024.

“Namun, saya belum mengetahui dengan jelas, dinas mana sebenarnya yang berwenang untuk menganggarkan pengadaan tiang dan lampu tersebut,” terangnya.

Kesimpulannya, lanjutnya, dari dinas manapun juga yang berwenang untuk menganggarkannya, yang terpenting di sepanjang median tersebut dipasang lampu beserta tiangnya. Bisa saja dipasang lampu yang energinya berasal dari Pembangkit Tenaga Surya (PLTS).

“Sehingga, dapat meminimalisir angka laka di sepanjang jalan Tjilik Riwut yang sudah dibangun median jalan tersebut pada khususnya dan jalan-jalan di Kabupaten Katingan pada umumnya,” harap anggota dewan asal dapil Katingan I ini.

Sekadar diketahui Senin (15/1/2024) sekitar pukul 05.00 pagi tadi, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, sebuah kendaraan roda empat kembali terjadi kecelakaan (laka) tunggal di jalan Tjilik Riwut KM 4,5 Kasongan. Pengendara telah menabrak penghalang depan median jalan. Dan, kejadian tersebut merupakan laka ketiga kalinya di bagian depan median jalan tersebut. (abu)