DPRD Apresiasi Pemkab Gelar Festival KBAT

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Budy Hermanto

, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Katingan, Budy Hermanto mengapresiasi kegiatan Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (KBAT) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas , Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dusbudparpora) setempat, yang kegiatannya dibuka secara resmi oleh asisten I Dody, di Lapangan Sport Center itu. Ucapan apresiasi tersebut diungkapkannya kepada awak media, Rabu (25/9/2024).

Karena, dengan digelarnya Festival KBAT tersebut, di samping bermanfaat terhadap pengembangan kreativitas anak muda, juga menunjukkan Kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga () setempat terhadap pengembangan kreativitas remaja dan anak muda di Kabupaten Katingan.

Bahkan, kegiatan seperti ini menurutnya sangatlah penting digelar. Pasalnya, dapat memberi ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan potensi dan bakat kreatif mereka. “Sebab, remaja dan anak muda adalah masa depan kita semua, yang memiliki banyak ide segar dan inovatif yang bisa mendorong kemajuan daerah Kabupaten Katingan,” katanya.

Kendati demikian, mereka menurutnya jangan hanya sekedar menggelar kegiatannya saja, tapi perlu pula didukung dengan fasilitas, pelatihan dan akses ke sumber daya yang memadai, di mana kegiatan seperti ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong dan mengembangkan lebih banyak ruang publik yang ramah untuk kegiatan kreatif.

Selanjutnya, legislator ini juga mengusulkan kepada Disbudparpora agar program-program pelatihan keterampilan dan kreatifitas bagi anak muda. ‘Mulai dari seni, musik hingga teknologi,” usulnya.

Selain itu, dirinya juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, dunia usaha dan komunitas anak muda untuk menciptakan ekosistem yang mendukung tumbuhnya kreativitas. “Karena saya melihat banyaknya potensi di Katingan ini, utamanya di kalangan anak muda,” ujarnya.

Kesimpulannya melalui Disbudparpora setempat tidak hanya berupaya untuk mengembangkan kreativitas saja, akan tetap juga mendorong anak muda di Katingan untuk berkontribusi aktif dalam membangun Kabupaten Katingan yang lebih maju dan kreatif. Karena, dengan perhatian besar yang diberikan Pemkab Katingan, diharapkan anak muda di bumi Penyang Hinje Simpei ini semakin memiliki ruang dan kesempatan untuk mengemukakan ide atau gagasan-gagasannya. “Sehingga bisa berdampak pada perubahan yang lebih positif bagi daerah Kabupaten Katingan di masa depan,” pungkas wakil rakyat dari dapil Katingan II yang meliputi wilayah , Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (abu)