DPRD Minta Puluhan PPL Ditempatkan di Wilayah Hulu

WhatsApp Image 2023 04 13 at 12.48.11 PM
Supriadi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan

, – Supriadi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () minta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan (KPP) untuk menempatkan puluhan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di sejumlah wilayah Kecamatan bagian hulu Katingan.

Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Kamis pagi (13/4/2023), di ruang loby DPRD setempat.

Alasannya, di enam wilayah Kecamatan bagian hulu Katingan, seperti Kecamatan , Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai dan Bukit Raya menurut Supriadi banyak program dan kegiatan yang berkaitan dengan pertanian, dan peternakan yang merupakan usaha masyarakat selama ini mengalami kegagalan. “Salah satu yang mengakibatkan kegagalan tersebut, adalah kekurangan PPL yang ditugaskan di wilayah tersebut,” kata legislator ini.

Buktinya, ketika masyarakat memelihara hewan jenis unggas ataupun piaraan lainnya, sebelum menuai hasilnya tiba-tiba hewan tersebut terserang penyakit. Oleh karena belum mengetahui penyebab dan ketiadaan PPL, sehingga hewan piaraan tersebut dibiarkannya saja, hingga mengalami kematian.

Begitu pula, lanjutnya, dengan perkebunan dan pertanian, hasilnya tidak memadai. Karena, belum memahami tentang tata cara bertani dan berkebun yang baik. “Terutama berkebun sayur palawija,” sebutnya.

Meskipun sebagian Desa ada yang memiliki PPL, namun sebagian besar tidak ada. Ke depan dirinya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) setempat agar menempatkan PPL satu orang dalam satu Desa. “Sehingga, hasil pertanian, perkebunan dan peternakan di bumi Penyang Hinje Simpei ini bisa lebih meningkat,” harap anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (abu)Â