Komisi IV DPRD Dukung Pengembangan Destinasi Wisata di Kalteng

17 5
Anggota DPRD Kalteng, Henry M. Yoseph

, – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi membidangi  dan Ketenagakerjaan, Henry M. Yoseph mendukung upaya Pemerintah Provinsi () untuk mengembangkan destinasi di Kalimantan Tengah.

Saat ini melakukan pengembangan air di Sebangau, Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya karena dinilai sangat potensial, dan saat ini sudah memasuki tahap pelelangan.

“Dari segi perekonomian rakyat, tempat wisata air Sebangau dinilai potensial dan sangat banyak diminati pengunjung. Apabila tempat itu dikembangkan dengan baik, maka diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya, Rabu (19/7/2023).

ADE S

Adapun destinasi wisata air di kawasan sebangau ini rencananya dibangun dengan luas 20 hektare dan dilengkapi berbagai fasilitas yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Henry menjelaskan, di Kalimantan Tengah ini masih banyak tempat wisata yang dianggap potensial, namun masih belum dikelola dengan baik. Untuk itu, ia berharap pengembangan tempat wisata tidak hanya terfokus di wilayah Kota Palangka Raya saja, melainkan juga dapat dilakukan di daerah-daerah lainnya di wilayah Kalimantan Tengah ini.

“Hal penting yang perlu diperhatikan, yakni pengunjung akan lebih menyukai tempat wisata yang memiliki manajemen pengelolaan yang baik, fasilitas penunjang yang memadai, serta akses Infrastruktur jalan menuju lokasi wisata tersebut juga harus baik,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ia juga menambahkan upaya pengembangan tempat wisata di setiap daerah, harus juga memperhatikan sejumlah aspek penting lainnya, baik itu nilai-nilai agama, budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat, sekaligus pula asas kemanfaatan.

“Terutama sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi tempat wisata tersebut” demikian Henry. (asp)