Dewan Sarankan Usulkan Prasarana Penanganan Karhutla ke Pusat

e1d37b14 1e17 4858 81ef 57742cbb1f55
Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid

BALANGANEWS, – Ketua Komisi II , H. Achmad Rasyid menyarankan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk sarana-prasarana penanganan kebakaran hutan dan lahan () jika jumlah Karhutla mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga perlu penanganan yang lebih maksimal.

“Kalau memang sarana prasarana dari Provinsi tidak cukup, minta lah ke Pusat untuk tambahan. Misalnya helikopter lagi untuk melakukan pemadaman,” kata Rasyid, Rabu (9/8/2023).

Menurut legislator dari Fraksi di ini, yang terpenting dalam pencegahan Karhutla adalah, agar Pemerintah Daerah (Pemda) menginstruksikan kepada jajaran sampai ke terbawah yaitu, kepala desa atau lurah agar bekerjasama dengan masyarakat dalam pencegahan Karhutla.

“Pemerintah daerah juga perlu bekerjasama dengan masyarakat bahu membahu dan koordinasi dengan Forkopimda yakni yang bisa diterjunkan untuk membantu pemadaman itu,” sambungnya.

Selain itu, kata Rasyid, perlunya juga instruksi dari Gubernur ke camat hingga kepala desa untuk bersama-sama menanggulangi jika ada hotspot Karhutla di tempat wilayahnya masing-masing.

“Kupikir sudah saatnya masyarakat pun dilibatkan. Di samping itu sosialisasi juga dimaksimalkan dan imbauan dari pemerintah supaya jangan membuang sembarangan punting rokok, jangan membakar sembarangan, karena sekarang lagi musim panas, juga diperlukan meningkatkan kewaspadaan di rumah-rumah. Terlebih saat ini sering terjadi kebakaran,” tegasnya. (asp)