Pemda Diharap Tingkatkan Sinergi Lintas Sektor Dalam Bangun UMKM

Whatsapp Image 2023 11 15 At 12.46.21 Pm
Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Muhajirin

BALANGANEWS, – Anggota Komisi II , Muhajirin mengharapkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) di Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk meningkatkan sinergi lintas sektor untuk meningkatkan perekonomian melalui .

Ia menyebutkan, peningkatan produksi dan produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu fokus yang harus dicapai sepanjang tahun, sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

“Kedepan UMKM dengan berbagai produk unggulannya dapat semakin berkontribusi positif dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah,” ucap Muhajirin baru-baru ini.

Hal tersebut kata Politisi Partai , dibarengi kerja sama dan sinergi lintas sektor, ekonomi daerah akan terus menguat dan masyarakat makin sejahtera, sehingga kita mampu membangun masyarakat yang Maju, Mandiri dan Adil menuju Kalteng Makin Berkah.

“Pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat memang senantiasa menjadi fokus Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Adapun upaya yang dilakukan oleh Kalteng dalam peningkatan produksi dan produktivitas UMKM, yaitu dengan Menggelar Wilayah tengah tahun 2023, yang dilaksanakan pada 12 November 2023 lalu di GOR Indoor Palangka Raya.

Terkait dengan hal itu, Muhajirin mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Jambore UMKM ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mempertemukan antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk UMKM, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi produk UMKM unggulan melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya makin luas,” ungkapnya. (asp)