RSUD Doris Sylvanus Lakukan Sosialisasi Aplikasi SIMARS

Whatsapp Image 2023 11 20 At 1.57.52 Pm (1)

, (RSDDS) melaksanakan sosialisasi berbasis , yaitu Sistem Informasi Manajemen Aset Rumah Sakit (SIMARS), di Aula Bajenta lantai 3 , Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Ruangan, Kepala Instalasi, Kepala Unit, beserta staf pendamping yang nantinya akan melakukan inventarisasi aset, sehingga dapat dengan mudah melacak keberadaan alat, jumlah alat, dan informasi tentang perawatan alat tersebut.

Plt. Direktur RSUD dr. , Ady Fraditha mengatakan, bahwa informasi data berbasis web merupakan suatu inovasi yang dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan pendataan aset di rumah sakit.

“Kehadiran aplikasi ini membuktikan bahwa RSDDS senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Semua data informasi manajemen aset rumah sakit yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini dapat dilakukan dengan berbasis digital, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam penginputan data, pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien,” ucapnya.

Ady mengharapkan, dengan hadirnya Sistem Informasi Manajemen Aset Rumah Sakit (SIMARS) ini, semua pengelolaan aset rumah sakit ke depannya akan tertata dengan baik.

Kepala Bidang Akuntansi RSUD Doris Sylvanus, Ainun Yetty mengatakan, bahwa permasalahan yang sering muncul di lapangan adalah pencatatan dan pendataan yang tidak valid serta pemeliharaan aset dan penatausahaan BMD yang belum maksimal.

Padahal sambungnya, pengelolaan aset BMD RSDDS yang berasal dari pengadaan dan BLUD sangat penting dilakukan karena setiap tahun aset BMD selalu bertambah, sehingga jika tidak didata dengan baik, maka hasil data yang didapatkan akan menjadi tidak valid.

“Dengan adanya aplikasi SIMARS ini, diharapkan pengelolaan data akan tercatat secara digital. Sistem yang digunakan memanfaatkan sistem barcode (QR), hal tersebut agar mempermudah keberadaan aset serta informasi lainnya tentang aset tersebut menjadi lebih mudah ditelusuri,” pungkasnya. (asp)